• News

  • Kesehatan

Waduh, Polusi Udara Pengaruhi Kualitas Sperma

Polusi udara ternyata dapat mempengaruhi kualitas sperma.
Hindustan Times
Polusi udara ternyata dapat mempengaruhi kualitas sperma.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pria yang terpapar tingkat polusi udara yang lebih tinggi cenderung memiliki kualitas sperma yang lebih rendah, papar penelitian observasional.

Periset di Taiwan menganalisis sperma yang mendekati 6500 pria setempat selama dua tahun dan membandingkan hasilnya dengan perkiraan kadar partikel halus (PM) di udara di sekitar rumah masing-masing pria.

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Occupational & Environmental Medicine, menemukan hubungan antara tingkat PM - yaitu polusi - dan bentuk dan ukuran sperma, serta konsentrasi sperma.

Semakin banyak polusi udara semakin tidak normal bentuk dan ukuran sperma muncul. Tapi itu tidak membuktikan sebab dan akibat, catat para penulis.

Namun, temuan tersebut masih mungkin berimplikasi pada Australia karena tingkat keseluruhan PM yang diukur selama masa studi tidak berbeda dengan rata-rata polusi udara harian tertinggi yang terlihat di ibu kota negara tersebut.

"Polusi udara telah dikaitkan dengan berbagai efek buruk pada manusia," kata ahli farmakologi Dr Ian Musgrave di University of Adelaide, dilansir dari laman SBS, Kamis (23/11/2017).

Menurutnya, partikulat polusi udara, terutama partikel yang sangat halus mencapai jauh ke dalam paru-paru. Partikel halus ini dapat menghasilkan produk pembakaran kompleks yang berpotensi beracun dan logam berat ke dalam tubuh dari paru-paru.

Dia mengatakan 2,5 mikron partikel halus yang ditemukan di udara sebelumnya dikaitkan dengan penyakit paru-paru dan jantung.

"Jadi laporan ini bahwa pemaparan partikulat halus menyebabkan morfologi sperma normal dan pergerakan sperma berkurang, yang mungkin mempengaruhi kesuburan pria, masuk akal," kata Dr Musgrave.

Editor : Lince Eppang