• News

  • Kesehatan

Hindari TBC, Ini Kiat Nyctagina dan Kinos

Pasangan selebritis Rizna Nyctagina dan Rizky Kinos.
Netralnews/Martina Rosa
Pasangan selebritis Rizna Nyctagina dan Rizky Kinos.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Tuberkulosis (TBC) merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat di dunia, terutama negara-negara yang sedang berkembang. Saat ini Indonesia merupakan salah satu negara dengan beban penyumbang penderita TBC terbesar di dunia urutan kedua.

Hal inilah yang membuat pasangan selebritis Rizna Nyctagina dan Rizky Kinos waspada akan penyakit TBC. Apalagi, Nyctagina sebagai dokter paham betul bahwa jika terjangkit TBC, proses penyembuhan akan memakan waktu yang cukup lama, yakni sekitar enam bulan.

"Semenjak punya anak (Panutan Adhya Semesta Trinycta-1tahun), kita lebih aware sama kesehatan. Karena kalau kita sakit, anak juga terpapar sakit dari orang dewasa. Jadi kita harus jaga kesehatan," kata Nyctagina saat ditemui netralnews.com dalam acara peluncuran Kompetisi Video Blog (Vlog) TBC di Grand Indonesia, Jakarta, Selasa (28/11/2017).

Lebih lanjut presenter radio ini juga memaparkan berbagai upaya yang dia dan suaminya lakukan untuk menjaga daya tahan tubuh. Misalnya lebih memperhatikan pola dan asupan makan seimbang, istirahat cukup hingga menerapkan kebiasaan sederhana, yakni cuci tangan.

"Antisipasi terpapar penyakit dan tidak menularkan sakit, pakai masker. Kurangi stres dan perhatikan juga sanitasi," kata wanita yang sedang hamil lima bulan ini.

Kinos juga menambahkan, sebagai kepala keluarga dirinya sadar betul bahwa lingkungan bisa menjadi salah satu faktor penularan TBC. Misalnya saja melalui air liur dan udara.

"Jadi mulai jaga kebersihan lingkungan dari diri sendiri dulu, baru ke orang lain. Makan sehat dan jaga pola hidup," tukas Kinos.

Kinos sendiri mengakui, semenjak memiliki anak, dirinya menjadi kerap biasakan cuci tangan selama dua hingga tiga jam sekali. Dia bersama Gina juga mengaku kerap membawa anak pertamanya menghirup udara segar dengan membawanya ke ruang hijau terbuka. "Mungkin itu sederhana, tapi itu bisa cegah TBC," tambah dia.

Pernyataan ini disampaikan Kinos, pasalnya saudara kandungnya sempat menderita TBC meski telah melakukan pola hidup sehat, bahkan TBC tersebut menular pada keturunan saudaranya. Tetapi karena melihat kegigihan untuk mempertahankam pola hidup sehat dan patuh pada prosedur penyembuhan, kedua saudara Kinos akhirnya berhasil dinyatakan bebas TBC.

Hal inilah yang mengingatkan Kinos serta Gina, bahwa semua orang berisiko terkena TBC. Padahal TBC keberadaannya bisa dicegah dan diobati hingga sembuh, sehingga Kinos dan Gina menjadi salah satu influencer muda yang mendukung sosialisasi TBC melalui cara kekinian takni Vlog.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Lince Eppang