• News

  • Kesehatan

Setelah Alami Gatal, Bola Mata Anak Ini Membesar Seperti Bola Tenis

Bola mata anak ini tiba-tiba membesar setelah mengalami gatal.
Daily Mail
Bola mata anak ini tiba-tiba membesar setelah mengalami gatal.

TRIPURA, NNC – Nasib naas menimpa seorang anak perempuan berusia enam tahun di India. Kedua matanya menonjol dan berdarah, pasalnya dia menderita kanker dan dibiarkan buta dan menderita.

Gambaran menyedihkan Dhanika Tripura ini menunjukkan betapa ekstrem kondisinya dalam enam minggu terakhir. Orang tuanya jadi putus asa dan sekarang memohon pertolongan masyarakat, setelah anak mereka yang sehat dan gembira kondisinya memburuk setelah tiba-tiba menderita mata gatal pada bulan November.

Dhanika dibawa ke beberapa dokter setempat di desa terpencil namun mereka hanya memiliki fasilitas dasar dan dia diberi obat penghilang rasa sakit, parasetamol dan tablet anti alergi dan dipulangkan ke rumah. Keluarga tersebut, dari sebuah desa kecil di Tripura, India timur laut, tidak mampu mendapatkan bantuan dari dokter spesialis.

Ayahnya, Dhanya Kumar Tripura (45) bekerja sebagai buruh harian dan Ibunya, Shashi Bala (40), adalah seorang ibu rumah tangga yang tinggal di rumah untuk merawat keempat anaknya.

"Kondisinya membawa air mata ke mataku. Aku bahkan tidak bisa melihat ke matanya dan berbicara dengannya lagi. Matanya terlihat sangat mengerikan. Rasa sakit dan kondisinya menghancurkan hatiku dan sebagai seorang ayah, tragis melihat anak yang menderita seperti ini,” kata Dhanya, seperti dilansir dari laman Daily Mail, Selasa (19/12/2017).

Dhanya mengatakan kondisi ini berawal dari ruam kecil di mata anaknya dan gatalnya memburuk dan disertai demam. Karena gatal yang tak tertahankan, anaknya kemudian kerap mengosok matanya dan mata mulai membengkak perlahan hingga besar bagai bola tenis.

Dhanika akhirnya membawa anaknya ke Agartala Government Medical College dan Govind Ballabh Pant Hospital di New Delhi dimana dokter mendiagnosisnya dengan leukemia limfositik akut. Pengobatan utama untuk jenis kanker darah ini adalah kemoterapi.

Acute Lymphocytic Leukemia (ALL) atau Leukemia limfositik akut adalah kanker sel darah putih. Hal ini juga dikenal sebagai leukemia limfoblastik akut.

Semua sel darah putih dibuat di sumsum tulang. Biasanya, sel darah putih berkembang, diperbaiki dan bereproduksi secara tertib dan terkendali. Tapi pada leukemia, prosesnya tidak terkendali dan sel terus membelah di sumsum tulang, tapi tidak matang.

Sel pemisah yang belum matang ini mengisi sumsum tulang dan menghentikannya untuk membuat sel darah sehat. Seiring waktu sel ini gagal matang, mereka tidak bisa bekerja dengan baik. Hal ini dapat menyebabkan infeksi dan anemia.

Bentuk kronis penyakit ini cenderung menyerang orang dewasa dan sangat jarang terjadi pada anak-anak. ALL secara khusus merupakan kanker dari limfosit yang belum matang, yang disebut limfoblas atau sel blast. Penyebab ALL belum diketahui namun penelitian menemukan kembar identik dan saudara laki-laki dan perempuan berada pada peningkatan risiko penyakit ini.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Lince Eppang