• News

  • Kesehatan

Ini Alasan Anda Alami Mual saat Migren

Migren dapat menyebabkan mual.
Daily
Migren dapat menyebabkan mual.

JAKARTA, NNC - Merasa mual saat migren memang bukanlah suatu hal mengenakan bukan?. Bagaimana tidak, disaat kita alami gangguan sakit kepala, kita juga harus menderita rasa mual.

Lantas apakah penyebab mual saat migren?.

Pakar Neurologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Dr Salim Harris, Sp S(K), FICA menjelaskan, migren yang disertai mual adalah bentuk respon otonom sistem tubuh yang timbul dan tidak bisa dikendalikan oleh tubuh.

"Misalnya perut kita sakit mules ingin buang air besar, bisa nggak ditahan?, tidak bisa. Jantung berjalan cepat, kita tidak bisa dikendalikan. Itu sistem otonom yang tidak bisa dikendalikan," jelas Dr Salim pada NNC baru-baru ini di Jakarta saat lulus sidang doktor.

Kata Dr Salim, dengan keadaan migren memang salah satu tindakan sederhana yang bisa dilakukan adalah tidur. Selain menutup mata untuk menghindari cahaya, hal yang bisa dilakukan adalah menutup telinga, sehingga tidak mendengar berbagai suara yang berperan pula dalam picu rasa sakit migren.

Selain mengatasi, disarankan Dr Salim, penderita migren dapat kendalikan risiko sakit migren. Misalnya saja mengendalikan paparan cahaya akibat penggunaan gawai, terutama saat situasi gelap, menghindari makanan mengandug ketamin seperti pada keju, sosis, daging asap dan makanan pengawet, serta tidur cukup.

"Jadi sistem otonom tidak bisa dikendalikan dan bisa juga terlibat dalam kondisi migren, yaitu timbulnya suatu respon dimana mengakibatkan timbulnya mual atau muntah," tukas Dr Salim.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani