• News

  • Kesehatan

Ngeri, Sumpit Masuk ke Otak Balita Ini Lewat Mulut

Sumpit masuk ke otak balita ini lewat mulut.
Daily Mail
Sumpit masuk ke otak balita ini lewat mulut.

HENGYANG, NNC – Peristiwa mengerikan dialami seorang anak di Tiongkok, pasalnya sebuah sumpit telah menembus organ otaknya melalui mulut.

Anak laki-laki itu dikenal dengan panggilan Yang Yang, secara tidak sengaja terjatuh saat makan siang sembari bermain dengan sumpit pada 18 Februari lalu. Kejadian ini terjadi saat anak itu makan di rumahnya di Hengyang, Provinsi Hunan, Tiongkok dengan neneknya.

Ahli bedah melakukan operasi darurat semalam untuk menyelamatkan anak tersebut, menurut sebuah laporan lokal. “Yang Yang, yang belum berusia dua tahun, berlari mengelilingi rumahnya sambil memegang sumpit. Anak itu tersandung di sebuah ambang pintu dan sumpit itu menusuk mulutnya,” jelas ayahnya, Li, dilansir dari laman Daily Mail, Jumat (23/2/2018).

Yang Yang dilarikan ke rumah sakit setempat. Dokter setempat mengatakan kepada anggota keluarganya bahwa mereka harus membawa anak itu ke Rumah Sakit Xiangya Kedua di Central South University, yang berada di ibukota provinsi Changsha.

Dokter dari Rumah Sakit Xiangya Kedua Central University segera memeriksa anak laki-laki tersebut setelah menerimanya sekitar pukul 6 sore. Dokter kemudian menemukan sumpit itu telah masuk begitu jauh ke dalam tengkoraknya sehingga ada di otaknya. Operasi darurat direncanakan dan tim ahli antardepartemen dibentuk.

Ahli bedah saraf Huang Wei, Xiang Jun dan kepala neuro Zhou Yangpo mengoperasikan anak tersebut, namun operasi tersebut terbukti amat sulit dilakukan oleh ahli anestesi, kata beberapa laporan.

Para dokter memutuskan untuk memotong bagian sumpit. Para ahli bedah saraf kemudian membuka tengkorak anak itu dari belakang kepalanya, mengakses fosa kranial posteriornya untuk menemukan ujung sumpitnya. Tongkat kayu itu kemudian dilepaskan perlahan dari rongga mulut anak laki-laki itu, yang menyebabkan pendarahan.

Operasi yang dimulai pada malam hari itu berakhir keesokan paginya. Para ahli juga kaatakan bahwa operasi berjalan sukses. Balita sejak saat itu sadar kembali dan kini tengah dirawat di ICU. Rumah sakit juga segera memastikan bahwa dia akan dipulangkan dalam beberapa hari mendatang.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani