• News

  • Kesehatan

Pernah Merasakan Mr P Kesemutan? Ini Penyebabnya

Ilustrasi Mr P
istimewa
Ilustrasi Mr P

JAKARTA, NNC - Alat kelamin menjadi organ vital yang penting dijaga kesehatannya. Tak hanya pada wanita, para pria pun mesti menjaga kesehatan 'alat tempur' tersebut. Nah ada hal menarik yang rasanya perlu diulas, apakah Anda pernah merasakan kesemutan menjalar pada mr p Anda?

Umumnya, kesemutan yang terjadi pada Mr Pdisebabkan oleh terlalu lamanya duduk atau berkendara. Kok bisa? Ketika Anda duduk, terjadi tekanan saraf dan pembuluh darah di area tubuh yang sensitif, yaitu perineum. Pada pria, perineum terdapat di antara anus dan mr p. Perineum Anda terdiri dari saraf dan pembuluh darah.

Namun, Anda juga perlu mengetahui, ketika tekanan saraf serta pembuluh darah pada perineum terjadi, bisa menyebabkan kerusakan saraf, pembengkakan, aliran darah tidak lancar, hingga aliran darah terhambat (blockage). Inilah yang membuat penis dan skrotum Anda terasa kebas, kesemutan, atau nyeri.

Menurut sebuah penelitian di Jerman, sejumlah 70 persen pengendara sepeda mengalami gangguan tersebut. Bahkan penelitian lain di Amerika Serikat yang dimuat dalam Journal of Urology mengungkapkan bahwa bersepeda sejauh 300 kilometer atau lebih tanpa jeda berisiko menyebabkan impotensi.

Tapi, usut punya usut, rupanya ada faktor lain yang menjadi penyebab kesemutan pada mr p lho. Dirangkum dari berbagai sumber, pemicu kesemutan pada mr p adalah kurangnya hormon testosteron. Kurang hormon ini ternyata bisa membuat aliran darah menuju area perineum tidak lancar. Akibatnya, 'senjata' Anda dan skrotum mungkin terasa kebas atau kesemutan.

Jika Anda sering mengalami kesemutan di mr p, alangkah baiknya Anda tidak menyepelekan hal itu. Pasalnya, tanpa sadar, ketika Anda lebih sering mengalami kesemutan di area intim Anda, mungkin Anda mengidap penyakit atau gangguan saraf tertentu.

Reporter : Christophorus Aji Saputro
Editor : Wulandari Saptono