• News

  • Kesehatan

Aneh, Kelingking Wanita yang Bengkak Ini Pertanda TBC Langka Mematikan

Jari kelingking bengkok
dailymail
Jari kelingking bengkok

CALIFORNIA, NNC - Aneh, jari kelingking wanita yang bengkak ini adalah tanda langka Tuberculosis (TBC) yang mematikan. Dokter mengira bahwa TBC diperoleh dari suaminya. Tetapi keadaan tersebut ternyata tanda langka infeksi dengan bakteri yang sama yang menyebabkan TBC.

Wanita berusia 42 tahun tersebut kemudian mencari bantuan medis setelah jari kelingking di tangan kirinya membengkak seperti balon dan menyebabkan rasa sakit selama seminggu. Karena wanita itu tidak melukai jarinya baru-baru ini, dokter mencari lebih dalam untuk menemukan sumber masalahnya, dan menemukan itu adalah infeksi bakteri.

Bakteri TBC hidup di jari pasien dalam apa yang disebut para ahli sebagai 'manifestasi langka' penyakit di luar paru-paru.

Untuk diketahui, TBC adalah infeksi bakteri paru-paru yang dapat mematikan dan menyebar melalui batuk dan bersin. Penyakit biasanya menyebabkan batuk, penurunan berat badan, demam dan kelelahan dan kelelahan, jika tidak ditangani dapat berakibat fatal.

Dokter menemukan bahwa suami wanita itu telah menderita TBC ketika sedang dalam perjalanan ke Tiongkok baru-baru ini, dan entah bagaimana bisa menularkannya ke jari istrinya.

Dilansir dari laman Daily Mail, Minggu (23/9/2018), meski terinfeksi dengan bakteri TBC, paru-paru wanita itu tidak terpengaruh oleh apa yang biasanya dianggap sebagai penyakit pernapasan. Dia diberi obat selama sembilan bulan dan membuat pemulihan total.

"Meskipun infeksi pada jari adalah manifestasi paru luar paru yang langka, hal ini merupakan pertimbangan penting pada pasien dengan imunosupresi.
Pasien ini diobati dengan rejimen antituberkulosis empat obat untuk total sembilan bulan dan memiliki resolusi lengkap dari gejala-gejalanya," jelas Dr Jennifer Mandal dan Dr Mary Margaretten dari University of California, San Diego.

TBC paru-paru adalah jenis infeksi yang paling menular dan biasanya hanya menyebar setelah jangka waktu lama dengan seseorang dengan infeksi. Sistem kekebalan tubuh orang sehat sering dapat membunuh bakteri tanpa menyebabkan gejala, atau dapat menghentikannya menyebar melalui tubuh. Tetapi orang dengan sistem kekebalan yang lemah lebih rentan terhadap infeksi TBC jangka panjang yang lebih serius. Misalnya, itu adalah pembunuh besar orang dengan HIV di Afrika.

Studi itu tidak memperjelas apakah wanita yang menderita jari bengkak itu bermasalah dengan sistem kekebalannya.

TBC adalah infeksi bakteri yang menyebar di antara orang-orang dengan batuk dan bersin. Infeksi biasanya mempengaruhi paru-paru tetapi bakteri dapat menyebabkan masalah di bagian tubuh manapun, termasuk perut, kelenjar, tulang dan sistem saraf.

Pada orang sehat, bakteri sering dibunuh oleh sistem kekebalan atau setidaknya mencegah penyebaran, tetapi dalam beberapa kasus bakteri dapat memegang dan menyebabkan infeksi yang lebih serius.

TBC hampir selalu dapat disembuhkan dengan antibiotik dan orang cenderung berhenti menular setelah sekitar tiga minggu terapi. TBC paling umum terjadi di negara-negara kurang berkembang di sub-Sahara dan Afrika Barat, Asia Tenggara, Rusia, Tiongkok dan Amerika Selatan.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Wulandari Saptono