• News

  • Kesehatan

Mengapa Ada Kasus TB Kebal Obat? Cek Penyebabnya

mycobacterium tuberculosis.
http://textbookofbacteriology.net
mycobacterium tuberculosis.

DEPOK, NETRALNEWS.COM - Tuberculosis (TB) Kebal Obat atau bisa juga disebut TB Resisten Obat (RO) merupakan penyakit TB yang disebabkan mycobacterium tuberculosis yang sudah mengalami kekebalan terhadap obat.

Dijelaskan dr Irandi Putra Pratomo, Ph D, Sp P dari Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi - Rumah Sakit Universitas Indonesia (UI), TB RO bisa terjadi salah satunya karena upaya berobat tidak diselesaikan dengan baik. Misalnya saja konsumsi obat yang putus di awal atau di tengah, sehingga kuman belum sepenuhnya dihabisi.

"TB bisa pindah dari kuman satu ke kuman yang lain sehingga menimbulkan gen resisten. Penderitanya lantas menerima gen yang kebal obat, jadi lingkaran penularan TB belum putus," dr Irandi dalam acara “Bicara Sehat : Saatnya Saya Peduli untuk Keluarga Bebas TB”, di Rumah Sakit UI, Selasa (26/3/2019).

Dikatakan secara singkat oleh dr Irandi, sejarah TB RO awalnya terjadi pada kasus TB yang telah diberi berbagai jenis obat, seperti suntik dan obat yang diminum, namun kuman TB melakukan perlawanan dan mutasi. Secara umum, generasi manusia dari zaman ke zaman juga menyesuaikan bertahan dari obat.

"Maka penting memutus penularan TB. Jadi kuman yang bertahan semakin tidak ngumpet, semakin bermutasi ketika kebal pada obat," tegas dr Irandi.

Dikatakan dr Irandi, kelompok yang berisiko TB adalah mereka pengidap HIV/AIDS, perokok, pengkonsumsi alkohol dan penderita diabetes. Ada pula mereka yang alami gizi buruk, hingga orang sehat yang sistem imun turun dan kontak dengan penderita TB.

"TB menular disebabkan bakteri mycobaterium tuberculosis melalui batuk. Jadi tidak hanya kelompok yang berisiko, tapi TB bisa juga ditularkan pada siapapun, dimanapun, tanpa memandang usia, dan jenis kelamin," jelas dia.
   

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Irawan.H.P