• News

  • Kesehatan

Ini yang Terjadi pada Tubuh saat Kita Berpuasa

Ilustrasi Puasa
Lombokita
Ilustrasi Puasa

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Dietisien Instalasi Gizi RSCM Triyani Kresnawan, DCM, MKes, RD mengatakan, ada beberapa perubahan yang terjadi pada tubuh saat berpuasa.

Pada saat puasa, sumber energi dari gula/glukosa menurun, sementara selama 14 jam tidak ada asupan makanan yang masuk ke tubuh. Pada saat itu akan digunakan cadangan energi dari glikogen yang ada di hati sebagai sumber energi. Jika simpanan glikogen sudah menipis, maka akan digunakan simpanan lemak tubuh.

"Puasa juga memicu fat loss, karena puasa bisa meningkatkan pembakaran lemak tubuh. Ini bisa terjadi apabila selama puasa, ketika berbuka dan sahur tidak makan berlebihan," kata Triyani saat temu media di Kementerian Kesehatan, baru-baru ini di Jakarta.

Menurut Triyani, saat berpuasa, pola makan juga menjadi tepat waktu dan teratur.

Asupan dan pola makan yang biasanya tiga kali dalam sehari, menjadi hanya dua kali makan yakni berbuka dan sahur. Camilan juga terbatas dan asupan zat gizi juga jadi berkurang, tapi kemungkinan juga bisa bertambah apabila mengkonsumsi makanan dengan berlebihan atau istilahnya balas dendam.

"Puasa juga menjadi terbentuknya pengendalian diri. Puasa juga menahan diri dari perkataan yang tidak baik dan sia-sia," kata dia.

Triyani juga membagikan beberapa tips cara aman berpuasa agar tetap sehat, diantaranya minum air yang cukup saat berbuka hingga sahur, makan bertahap saat berbuka puasa dan kunyah makanan hingga tuntas yakni kurang lebih 30 kali.

Diimbau Triyani masyarakat yang berpuasa juga untuk konsumsi makanan dengan pola gizi seimbang. Dimana setengah piring terdiri dari buah dan sayur, setengah lainnya berisi karbohidrat dan protein.

"Karbohidrat juga biaa diganti. Tidak harus nasi. Bisa kentang, roti, bihun maupun nasi," kata Triyani.

Terkait sayur mayur yang akan dikonsumsi, Triyani anjurkan untuk bisa memasaknya terlebih dahulu. Sayur yang matang menurut Triyani bisa lebih mudah dicerna, dibanding sayur yang dikonsumsi dalam keadaan mentah.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Nazaruli