• News

  • Kesehatan

Kisah Puteri Indonesia 2017, Hibur Anak Celah Bibir dan Celah Langit

Puteri Indonesia 2017, Bunga Jelita.
Netralnews/Martina Rosa
Puteri Indonesia 2017, Bunga Jelita.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Tidak pernah disangka oleh Bunga Jelita, bahwa dirinya akan memiliki kesempatan menghibur anak-anak yang memiliki keadaan celah bibir dan celah langit. Setelah didaulat sebagai Puteri Indonesia 2017, Bunga menyadari bahwa ada banyak anak Indonesia yang alami keadaan sumbing sehingga dirinya terdorong untuk menghibur anak-anak dengan keadaan tersebut.

Setelah sempat berkunjung ke Rumah Sakit Hermina Galaxy Bekasi, dukungan Bunga juga tiba di Bandar Lampung. Di beberapa tempat tersebut, Bunga lantas berkunjung ke rumah-rumah, anak dengan celah bibir dan celah langit.

"Saya rasanya ingin nangis, tapi menangis bahagia karena ada pengobatan gratis. Saya juga bertemu orang tua yang kuat, kalau saya diposisi mereka, saya tidak akan sekuat itu," kata Bunga yang merupakan Duta Smile Train, baru-baru ini di Jakarta. 

Smile Train sendiri merupakan organisasi amal internasional yang berfokus pada sebuah masalah tunggal serta dapat diperbaiki, dengan pendekatan yang berkelanjutan, yakni pada celah bibir dan celah langit. Upaya ini dilatarbelakangi karena jutaan anak di berbagai negara berkembang yang memiliki celah bibir dan celah langit, hidup dengan rasa malu dan terutama sulit makan, bernafas dan berbicara.

Bekerjasama dengan ahi bedah dan mitra rumah sakit, Smile Train menyediakan operasi gratis yang dapat mengambil waktu operasi sedikitnya 45 menit. Smile Train dinilai jadi sebuah solusi sederhana dengan dampak yang dapat mengubah masa depan anak menjadi lebih cerah.

Terdorong oleh semangat sosialnya, Bunga lantas menghibur para pasien sumbing yang saat itu akan melakukan operasi gratis di Rumah Sakit Mutiara Lampung. Menurut Bunga, para pasien yang rata-rata masih balita tidak terlihat sedih dan selalu memancarkan senyuman yang luar biasa.

"Mereka memiliki bibir sumbing, tapi mereka sebahagia itu. Di rumah sakit itu juga jadi pengalaman dalam seumur hidup saya menengok ke ruang operasi dan melihat proses operasi bibir sumbing," jelas peserta Miss Universe 2018 ini.

Bunga juga membagikan kisah seorang anak yang sedih dan menangis melihat keadaan celah bibir dan langit yang dia miliki. Menurut Bunga, anak kecil saja telah memiliki rasa malu dan takut pada keadaan sumbing, namun bukan berarti harus dijauhi, melainkan didukung dan diberi bantuan.

"Anak itu telah dioperasi dan melihat keadaan wajah yang belum dioperasi. Dia menangis, merasa takut dan trauma dengan keadaan dia sebelumnya," jelas Bunga.

Lebih lanjut sebagai Duta Smile Train, Bunga memastikan bahwa tindakan operasi celah bibir dan celah langit oleh Smile Train telah menggunakan teknologi canggih. Maka dari itu, sebagai duta, Bunga terus berupaya untuk menyebarluaskan berita baik. 

"Kalau ada teman terdekat, saudara, tetangga atau siapa saja yabng tidak kenal tetapi alami celah bibir dan celah langit bisa diinfokan Smile Train. Operasi tidak dipungut biaya dan sudah ada sebanyak 75 ribu anak yang diselamatkan. Saya harap tak hanya 75 ribu, tapi seluruh Indonesia yang alami celah bibir dan celah langit bisa diselamatkan," jelas Bunga.

Bunga berharap, jumlah orang dengan celah bibir dan celah langit di Indonesia ke depan bisa berkurang. Diketahuinya keadaan celah bibir dan celah langit terjadi akibat berbagai faktor salah satunya keturunan atau genetik dan konsumsi obat.

Utuk memperoleh informasi terkait operasi celah bibir dan sumbing gratis dapat di cek melalui berbagai media sosial Smile Train, diantaranya: Facebook smiletrainindonesia, Twitter @SmileTrainID, dan Instagram @smiletrainindonesia. 

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Nazaruli