• News

  • Kesehatan

Air Minum Terbukti Bantu Turunkan Berat Badan

Air minum terbukti bantu turunkan berat badan.
Sehat
Air minum terbukti bantu turunkan berat badan.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 menyatakan, dari satu juta orang Indonesia, sekitar 136.000 mengalami berat badan berlebih. Selain itu, sebanyak 218.000 orang mengalami kegemukan.

Menanggapi hal itu, Dojter Gizi Klinis dan Ketua Departemen Ilmu Gizi FKUI-RSCM dr Nurul Ratna Mutu Manikam M Gizi SpGK mengatakan air minum dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Pasalnya, air minum ternyata dapat membantu Anda membakar lebih banyak kalori.

“Minum 0,5 liter air dapt meningkatkan jumlah kalori yang terbakar setidaknya satu jam. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ini dapat menyebabkan penurunan berat badan sederhana,” kata dr Nurul pada Netralnews baru-baru ini di Jakarta.

Nurul juga katakan, bahwa minum air putih sebelum makan juga dapat mengurangi nafsu makan. Hal ini berlaku pada individu yang paruh baya dan lebih tua. Ini lantas dapat berdampak pada pengurangan asupan kalori yang menyebabkan penurunan berat badan.

“Minum lebih banyak air juga dapat menyebabkan penurunan asupan kalori dan mengurangi risiko kenaikan berat badan dan obseitas jangka panjang, terutama pada anak-anak,” jelas dr Nurul.

Lebih lanjut dr Nurul jelaskan bahwa ir dapat sangat membantu untuk menurunkan berat badan karena 100 persen bebas kalori. Maka dari itu air membantu Anda membakar lebih banyak kalori dan bahkan menekan nafsu makan jika dikonsumsi sebelum makan.

“Tapi perlu diingat bahwa ini harus diimbagi juga dengan aktivitas fisik dan tidak sekedar minum air putih apabila ingin menurunkan berat badan secara signifikan. Air hanyalah salah satu dari faktor yang membantu menurunkan berat badan,” kata dr Nurul.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani

Apa Reaksi Anda?