• News

  • Kesehatan

Belum Ada Obat yang Dapat Sembuhkan Herpes Genital

Ilustrasi Herpes
dok.Istimewa
Ilustrasi Herpes

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Dr dr Wresti Indriatmi SpKK(K), Mepid mengatakan, belum ada obat yang dapat menyembuhkan secara tuntas herpes genital. Kalaupun ada obat yang dikonsumsi, obat tersebut hanya mampu digunakan untuk menjarangkan kekambuhannya saja.

Ada pula upaya yang bisa dilakukan setiap timbulnya gejala, seperti terapi episodik. Adapun gejala yang kerp timbul adalah rasa nyeri pada daerah genital atau kelamin. Tetapi apabila terjadi kekambuhan, lebih banyak dari enam kali dalam satu tahun maka dilakukan terapi supresi.

“Jadi belum ada obat yang dapat menyembuhkan herpes genital. Pada terapi supresi, dilakukan pemberian obat setiap hari selama satu tahun,” kata Dr Wresti baru-bari ini di Jakarta.

Diungkapkan Dr Wresti, penularan gerpes genital sering terjadi saat tidak ada gejala atau asimtomatik. Bahkan, penggunaan kondom tidak dapat 100 persen dapat mencegah penularan herpes genital pada seseorang.

“Saat ini sedang dikembangkan vaksin untuk mencegah infeksi virus herpes genital. Namun vaksin ini hanya diperuntukkan bagi mereka yang belum tertular sama sekali dengan herpes genital,” jelas Dr Wresti.

Adapun proses penularan herpes genital adalah melalui kontak langsung mukosa atau selaput lendir bibir atau kelamin. Herpes genital ini juga ditularkan melalui ciuman, hubungan seksual antara kelamin dan kelamin, serta hubungan seks dengan mulut atau oral.

“Jadi herpes genital ini tidak dapat tertular melalui penggunaan wc duduk yang bersamaan atau penggunaan alat makan yang sama. Donor darah dimungkinkan juga bisa menjadi salah satu faktor penularan,” kata dia.

Diketahui, herpes gential penyebabnya adalah virus herpes simplex atau Herpes Simplex Virus (HSV) tipe 1 atau tipe 2. HSV tipe 1 muncul di daerah bibir dan pinggang ke atas, sedangkan HSV tipe 2 muncul di daerah pinggang ke bawah, hingga kelamin.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya