• News

  • Kesehatan

Apakah Aman Konsumsi Air yang Direbus Berulang?

Ketua Indonesia Hydration Working Group (IHWG) Dr dr Diana Sunardi M Gzi Sp GK
Dokumen Netralnews/Martina Rosa Dwi Lestari
Ketua Indonesia Hydration Working Group (IHWG) Dr dr Diana Sunardi M Gzi Sp GK

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Apakah Anda kerap merebus air secara berulang untuk diminum?. Jika ya, apakah Anda tahu, apakah kebiasaan tersebut baik ataukah buruk dan berdampak bagi kesehatan?.

Ketua Indonesia Hydration Working Group (IHWG) Dr dr Diana Sunardi M Gzi Sp GK menegaskan, kebiasaan tersebut boleh saja dilakukan, namun kebiasan tersebut bisa membuat boros, salah satunya penggunaan gas berlebih.

“Boleh saja direbus lagi, hanya kan jadi boros,” sambung Dr Diana.

Dijelaskan Dr Diana, memasak air PAM yang dikucurkan melalui kran, baku mutunya telah diatur oleh pemerintah. Air dari kran juga aman dikonsumsi asalkan dimasak hingga mendidih dan disimpan di tempat yang bersih dan bebas dari kuman.

Lantas, bagaimana dengan wadah memasak air yang aman untuk air minum?. Dikatakan Dr Diana penggunaan panci, ceret, teko atau berbagai alat masak lain sebetulnya sama saja, karena keutamaan memasak air adalah kebersihan.

“Sebetulnya sama saja, mau masak air pakai panci atau ceret yang penting bersih dan bagaimana mencucinya. Alat masak cuci setiap hari, keringkan dan air yang sudah dididihkan juga simpan di tempat bersih,” jelas Dr Diana pada Netralnews baru-baru ini di Jakarta.

Selain merebus air sendiri dari kran menggunakan berbagai wadah, Anda juga bisa mengkonsumsi Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) untuk kepraktisan. Seperti diketahui, AMDK dijual di pasaran dalam berbagai kemasan yang bisa langsung diminum tanpa harus direbus lagi.

“Ada juga konsumsi AMDK untuk kepraktisan, karena sudah dikemas botol dan langsung diminum. Kalau mau panas dan dingin tinggal dimasukkan dalam dispenser,” kata Dr Diana.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Nazaruli

Apa Reaksi Anda?