• News

  • Kesehatan

Minum Segelas Air Sebelum Makan Bisa Bikin Kurus

 Minum segelas air sebelum makan bisa buat kurus
Halo Sehat
Minum segelas air sebelum makan bisa buat kurus

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Percaya atau tidak, minum segelas air putih sebelum makan ternyata bisa bantu Anda cepat kurus. Demikian dikatakan Dokter Gizi Klinis dan Ketua Departemen Ilmu Gizi FKUI-RSCM dr Nurul Ratna Mutu Manikam M Gizi SpGK baru-baru ini di Jakarta.

Eits, tapi tentu tak hanya minum air putih segelas saja, menuju kurus, Anda juga harus konsumsi makanan dengan kandungan seimbang. Kata dr Nurul, energi yang masuk dan energi yang keluar juga harus seimbang.

"Minum air putih dapat turunkan berat badan. Perut kosong, minum air putih agar makan tidak kalap," kata dr Nurul pada Netralnews.

Menurut dr Nurul, konsumsi air sebelum makan akan membuat lambung merasa cepat kenyang. "Kurus juga perlu memperhatikan nutrisi dan melakukan aktivitas banyak," sambung dia.

Nurul juga menanggapi kebiasaan masyarakat yang kerap menambahkan potongan buah dalam air minum atau biasa disebut infused water. Diakui banyak masyatakat yang mempercayai bahwa infused water bisa membantu menurunkan berat badan.

"Air minum tidak wajib ditambah buah. Dengan penambahan buah memang ada kalori sedikit, dibanding air yang 0 kalori," kata dia.

Nurul mencontohkan penggunaan potongan buah lemon pada air minum. Seperti diketahui lemon mengandung vitamin c tinggi, apabila terkena udara makan akan terjadi oksidasi.

Kata dr Nurul, air yang terkena oksidasi hanya akan memberikan sensasi segar saja. Sedangkan vitamin c yang dipercaya untuk turunkan berat badan akan berkurang. "Jadi cukup air putih saja," sambung dia.
   

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani

Apa Reaksi Anda?