• News

  • Kesehatan

Apakah Aman Merebus Air Mineral dalam Kemasan?

Ilustrasi
dok.Istimewa
Ilustrasi

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Apakah Anda pernah merebus air mineral dalam kemasan? Jika ya, apakah Anda tahu tindakan tersebut aman atau tidak bagi kesehatan?.

Ketua Indonesia Hydration Working Group (IHWG) Dr dr Diana Sunardi M Gzi Sp GK mengatakan, air mineral dalam kemasan ternyata tidak berbahaya apabila direbus. Dijelaskan dia, proses pemanasan tidak akan memberi reaksi terhadap air.

"Air mineral tidak bahaya direbus. Jadi aman saja memanaskan air mineral," kata dia pada Netralnews, baru-baru ini di Jakarta.

Diketahui air mineral tidak memiliki kadaluwarsa. Namun apabila air mineral terkontaminasi dan ada bakteri maka tidak diperbolehkan lagi untuk dikonsumsi.

Dari sisi regulasi dikatakan tidak ada batasan umur simpan air mineral dan tergantung dengan masing-masing produk air dalam kemasan, umumnya dua tahun. Setelah air menjadi sebuah produk, maka lebih menjamin mutu selama disimpan di tempat yang telah disarankan.

Lebih lanjut Dr Diana menjelaskan bahwa air dari kran juga aman dikonsumsi asalkan dimasak hingga mendidih dan disimpan di tempat yang bersih dan bebas dari kuman.

Lantas, bagaimana dengan wadah memasak air yang aman untuk air minum? Dikatakan Dr Diana penggunaan panci, ceret, teko atau berbagai alat masak lain sebetulnya sama saja, karena keutamaan memasak air adalah kebersihan.

“Sebetulnya sama saja, mau masak air pakai panci atau ceret yang penting bersih dan bagaimana mencucinya. Alat masak cuci setiap hari, keringkan dan air yang sudah dididihkan juga simpan di tempat bersih,” jelas Dr Diana.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya

Apa Reaksi Anda?