• News

  • Kesehatan

Kerap Sembelit dan Kembung, Ternyata Ada Banyak Cacing Menggeliat di Perut Bocah Ini

Ahli bedah mengangkat banyak cacing yang menggeliat di perut bocah berusia empat (Istimewa)
Istimewa
Ahli bedah mengangkat banyak cacing yang menggeliat di perut bocah berusia empat (Istimewa)

KAMERUN, NETRALNEWS.COM - Ahli bedah mengangkat banyak cacing yang menggeliat di perut bocah berusia empat tahun. Ini dilakukan pasalnya anak tersebut kerap mengeluh sembelit dan merasa kembung.

Setelah diangkat, jumlah cacing itu ternyata mencapai satu buah mangkuk. Sebuah dokumentasi juga menunjukkan tumpukan makhluk panjang itu dalam mangkuk logam di meja operasi.

Dia telah dibawa ke rumah sakit karena sakit perut, muntah, perut bengkak dan sembelit parah yang telah berlangsung enam bulan. Para petugas medis mendapati bocah itu belum pernah di tes cacing sebelumnya dan keluarganya tidak sanggup membawanya ke rumah sakit terdekat yang berjarak 76 kilometer.

Tim medis lantas mengeluarkan cacing hidup dalam operasi, dan memulangkan bocah itu setelah tujuh hari dan memberikan seluruh keluarganya obat-obatan untuk melindungi dari infeksi yang kemungkinan bisa terjadi kembali.

Dilansir dari laman Daily Mail, Minggu (9/6/2019), Dokter di Kamerun, Afrika barat, melaporkan kasus bocah lelaki di Divisi Menchum di barat laut negara itu. Mereka mendiagnosis bocah laki-laki itu dengan kondisi yang disebut ascariasis, infeksi cacing parasit di usus kecil.

Ascariasis kata mereka, adalah infeksi cacing parasit paling umum di dunia dan menyerang sekitar 800 juta orang, kebanyakan berusia antara dua dan 10 tahun. Dan anak-anak yang tinggal di negara-negara miskin paling beresiko terhadap parasit, yang disebarkan melalui kotoran manusia yang tidak sengaja tertelan.

Sanitasi yang buruk dan makanan yang terkontaminasi, tanah dan air di daerah-daerah dengan kebersihan umum yang buruk biasanya salah satu penyebab, kata para dokter. Ketika mereka mengoperasi usus bocah itu, mereka mendapati usus itu benar-benar tersumbat oleh massa cacing menggeliat.

Ascariasis adalah infeksi cacing parasit yang menyerang manusia dan merupakan salah satu yang paling umum di dunia. Antara 800 juta dan 1,2 miliar orang di seluruh dunia terinfeksi cacing parasit, yang menyebar melalui telur di kotoran manusia.

Sebagian besar kasus terjadi di negara miskin dan berkembang di mana sanitasi publik buruk dan air, makanan, dan tanah dapat terkontaminasi oleh kotoran manusia. Telur dapat ditularkan jika orang buang air besar di luar (sekitar satu dari delapan populasi dunia melakukan ini) atau jika kotoran manusia digunakan sebagai pupuk untuk tanaman.

Telur kemudian dapat berkembang menjadi cacing di dalam tubuh dan hidup dalam sistem pencernaan, tempat mereka memakan makanan yang dimakan orang. Infeksi yang buruk dapat menyebabkan penyumbatan di usus yang dapat menyebabkan sembelit parah, kekurangan gizi dan masalah pertumbuhan pada anak-anak karena nutrisi dicuri oleh parasit.

Gejala ascariasis mungkin termasuk sembelit, muntah, merasa sakit dan sakit di perut.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Nazaruli

Apa Reaksi Anda?