• News

  • Kesehatan

Herpes Genital Bisa Menular Lewat Penggunaan WC yang Sama? 

Ilustrasi penyakit herpes.
Healty
Ilustrasi penyakit herpes.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Dr dr Wresti Indriatmi SpKK(K), MEpid menjelaskan, herpes genital atau herpes kelamin merupakan penyakit infeksi virus herpes simpleks yang mengenai daerah kelamin. Herpes ini dikatakan bisa menyerang  laki-laki dan perempuan.

Lantas, apakah herpes genital atau herpes kelamin ini bisa menular melalui penggunaan WC yang sama?. 

Dijelaskan, penularan herpes genital hanya bisa terjadi melalui kontak langsung mukosa atau selaput lendir bibir atau kelamin. Herpes genital ini juga ditularkan melalui ciuman, hubungan seksual antara kelamin dan kelamin, serta hubungan seks dengan mulut atau oral.

“Jadi herpes genital ini tidak dapat tertular melalui penggunaan wc duduk yang bersamaan. Lewat celana dalam yang habis digunakan, telah dicuci juga tidak bisa menularkan herpes genital," kata Dr Wresti baru-baru ini di Jakarta.

Lebih lanjut Dr Wresti jelaskan bila semakin banyak pasangan seksual, maka risiko terkena herpes genital juga semakin meningkat. Selain itu, diakui Dr Wresti herpes genital ini lebih banyak terjadi di kalangan perempuan dibanding laki-laki, tetapi bukan karena perempuan tidak setia pada satu pasangan, melainkan perlu penelitian lebih lanjut.

"Penyakit ini juga tidak bisa disembuhkan. Jadi sekali dimasukkan virus herpes, akan kontrak seumur hidup," tegas dia.

Kata Dr Wresti, belum ada pula obat yang bisa menyembuhkan herpes genital, namun Anda boleh tenang karena penyakit ini tidak mematikan.

Kalaupun ada obat, saat ini difungsikan untuk menjarangkan kekambuhan dan bukan untuk membunuh virus herpes genital. 

"Belum ada obat yang bisa mematikan virus. Sedang dikembangkan pula vaksin, namun hanya bisa diperuntukkan bagi mereka yang belum saka sekali terkena herpes genital," jelas dia. 

 

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Widita Fembrian