• News

  • Kesehatan

Jadi Infeksi Seumur Hidup, Kenali Jenis Herpes Ini

ilustrasi virus herpes.
gentside.co.uk
ilustrasi virus herpes.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Direktur Klinik Pramudiadr Anthony Handoko SpKK, FINSDV mengatakan, herpes genital  merupakan jenis infeksi seumur hidup. Herpes yang dikenal sebagai herpes kelamin ini juga merupakan fenomena gunung es pada penyakit Infeksi Menular Seksual.

Kata dr Anthony, penularan herpes genital dapat terjadi walaupun tanpa gejala kulit atau asimtomatik atau gejala tidak khas yakni atipik. Infeksi tersering bahkan terjadi pada usia dewasa muda, yakni usia 15-49 tahun dan lebih tinggi terjadi pada wanita.

“Herpes genital adalah infeksi seumur hidup atau lifelong infection. Ini tentu memberikan dampak psikologis bagi penderitanya dan memberi masalah finansial, maka dari itu lebih baik mencegah daripada mengobati dengan mengetahui informasi penyakit dan cara penularannya,” jelas dr Anthony dalam seminar media baru-baru ini di Jakarta.

Ditegaskan dr Anthony bahwa sampai saat ini belum ada obat yang dapat menyembuhkan herpes genital, namun tetap ada tujuan pengobatan. Meski tidak menyembuhkan, pengobatan bisa dilakukan untuk mengurangi rasa sakit, mempercepat penyembuhan dan mengurangi kekambuhan.

Menurut dr Anthony, diperlukan pemeriksaan laboratorium untuk mengkonfirmasi seseorang alami herpes genital ataukah tidak. Pasalnya, diagnosis biasanya cukup ditegakkan dari inspeksi pemeriksaan fisik pasien dan wawancara riwayat penyakit pasien.

“Beberapa jenis pemeriksaan laboratorium meliputi pemeriksaan serum darah antibodi dan kultur virus. Tentu, pemeriksaan laboratorium ini memerlukan biaya yang cukup besar,” ujar dia.

Diketahui, herpes genital penyebabnya adalah virus herpes simplex atau Herpes Simplex Virus (HSV) tipe 1 atau tipe 2. HSV tipe 1 muncul di daerah bibir dan pinggang ke atas, sedangkan HSV tipe 2 muncul di daerah pinggang ke bawah, hingga kelamin.

HSV ini lantas dapat menimbulkan penyakit herpes bibir atau herpes labialis. Selain itu, HSV bisa menimbulkan penyakit herpes kelamin atau herpes genital.

Adapun, penularan dari herpes genital adalah melalui kontak langsung mukosa atau selaput lendir bibir atau kelamin. Herpes genital ini juga ditularkan melalui ciuman, hubungan seksual antara kelamin dan kelamin, serta hubungan seks dengan mulut atau oral.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Irawan.H.P