• News

  • Kesehatan

RS Atma Jaya Luncurkan Paviliun Bonaventura, Begini Fasilitasnya

Fasilitas di RS Atma Jaya
Netralnews/Martina Rosa
Fasilitas di RS Atma Jaya

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - RS Atma Jaya yang berlokasi di Pluit, Jakarta Utara meluncurkan Paviliun Bonaventura. Peluncuran ini sesuai degan misi RS Atma Jaya, yaitu menyelenggarakan dan mengembangkan layanan kesehatan komprehensif yang bermutu sesuai dengan perkembangan ilmu dan teknologi.

Di samping itu, RS juga memiliki misi untuk menyediakan sarana dan iklim pembelajaran yang kondusif bagi mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Katolik Atma Jaya dalam upaya menghasilkan dokter yang memiliki kompetensi medik, kepekaan sosial, kesadaran, sikap dan perilaku etis, serta mampu menunjang kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi.

"Visi RS Atma Jaya adalah menjadi RS Pendidikan Utama bagi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Katolik Atma Jaya yang Kristiani, Unggul, Peduli, Profesional dan menjadi pusat rujukan pelayanan kesehatan masyarakat Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi," kata Direktur Utama RS Atma Jaya Meta Dewi Thedja saat konferensi pers di RS Atma Jaya, Rabu (10/7/2019).

Dijelaskan Dr Meta, evidence based medicine adalah pendekatan pengobatan kepada pasien dengan berdasarkan hasil dan bukti ilmiah yang diperoleh dari penelitian yang baik sehingga dapat memberikan tata laksana pengobatan berbasis ilmiah kepada para pasien.

Evidence based medicine merupakan hal penting bagi para praktisi kesehatan profesional termasuk para dokter dalam memberikan pendekatan pengobatan bagi pasien dan keluarga pasien karena mengedepankan basis bukti ilmiah dan dapat dipertanggung jawabkan. Sehingga penelitian yang baik sangatlah dibutuhkan untuk menjadi dasar keputusan para profesional bidang kesehatan mengambil keputusan bagi tiap pasien yang ditangani.

"Terdapat beberapa Center of Excellent RS Atma Jaya, yakni Atma Jaya Neuroscience and Cognitive Center (ANCC), dimana banyak keunggulan RS Atma Jaya dibandingkan RS lain," jelas dia.

Keunggulan yang dimaksud diantaranya adalah deteksi awal kelainan cognitive pada berbagai tingkatan usia yang juga dikembangkan pada dokter ahli saraf RS Atma Jaya berdasarkan clinical research sebagai basis ilmiah dan dilengkapi dengan pemeriksaan kognitif berbasis komputer.

Di samping itu, Pelayanan Geriatri, dengan bertambahnya usia harapan hidup orang Indonesia, tentu peranan para praktisi kesehatan dalam mempertahankan quality of life para pre lansia dan Iansia menjadi penting.

Bidang lain, yaitu Orthopedic Center. Bone and joint merupakan hal yang sangat penting sebagai modalitas individu dalam melakukan aktivitas sehari hari. Dengan dukungan kompetensi para dokter Orthopedic yang ahli dalam berbagai bidang knee dan hip, hand surgery, spine, pain management, dan fasilitas pendukung, menjadikan Orthopedic Center RS Atma Jaya terdepan dalam penanganan masalah bone andjoint.

RS Atma Jaya

Peletakan batu pertama RS Atma Jaya dilakukan oleh Walikota Jakarta utara Bapak Dwinanto pada tanggal 25 Juni 1973, didirikan diatas areal seluas 4.7 hektar di Jakarta Utara. Mulai berkarya pada bulan Juni 1976, rumah sakit ini didirikan untuk menunjang pendidikan dan latihan calon-calon dokter serta menyelenggarakan pelayanan medis bagi kepentingan masyarakat Jakarta Utara. Pada tanggal 9 Mei 1977 Rumah Sakit Atma Jaya diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta Bapak Ali Sadikin.

Pada Oktober 2018, dilaksanakan Soft Opening Paviliun Bonaventure yang dipersembahkan untuk memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat yang lebih lengkap di daerah Jakarta Utara dan sekitarnya dengan tetap mengedepankan azas pendidikan, penelitian, dan keilmuan yang tinggi.

Paviliun Bonaventura dilengkapi dengan Pelayanan Gawat Darurat, Ruang Perawatan mulai kelas Suite (WIP), Deluxe (VIP), Superior (Kelas 1), Standard (Kelas 2), Kamar Operasi yang baru, Kamar Bersalin yang baru, ICU, PICU, NICU dan alat alat diagnostik yang baru seperti MRI, Laparoskopi, CT Scan 128 Slice dan CATH Lab dengan tetap mengutamakan kualitas pelayanan yang terintegrasi untuk pasien.

Di Paviliun Bonaventura ini Rumah Sakit telah membuka Klinik Unggulan berupa pelayanan di bidang Neuroscience, Orthopaedic Centre serta Senior Clinic yang menunjang pelayanan bagi para pre lansia dan lansia. Dengan adanya Paviliun Bonaventura ini Rumah Sakit Atma Jaya diharapkan dapat lebih banyak lagi memberikan pelayanan kepada pasien dari semua kelas dan tentunya tetap berlandaskan motto Bersatu Mengabdi Sesama, Andal Layan Peduli Hati.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya