• News

  • Kesehatan

Ini Penyakit Terbanyak yang Dialami Pasien Lansia

Spesialis Penyakit Dalam-Konsultan Geriatri RS Atma Jaya dr Rensa SpPD-KGer, FINASIM.
Netralnews/Martina Rosa
Spesialis Penyakit Dalam-Konsultan Geriatri RS Atma Jaya dr Rensa SpPD-KGer, FINASIM.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Spesialis Penyakit Dalam-Konsultan Geriatri RS Atma Jaya dr Rensa SpPD-KGer, FINASIM mengungkapkan, ada sebanyak lima penyakit terbanyak yang dialami oleh pasien lansia. Pernyataan ini dirujuk dari jumlah pasien yang di rawat di ruang rawat inap penyakit dalam RS Atma Jaya sepanjang 2018-2019. 

Dari sebanyak 131 pasien lansia, sebanyak 23,7 persen pasien alami hipertensi, disusul diabetes melitus dan tuberkulosis masing-masing sebesar 13 persen,  sebesar 11,5 persen idah Penumonia, dan 10,7 persen penyakit Jantung Koroner. 

"Hipertensi jadi penyakit paling banyak yang dialami pasien lansia. Data ini sejalan dengan data Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pada 2013, bahwa hipertensi ada di urutan pertama," kata dr Rensa baru-baru ini di RS Atma Jaya.

Dijelaskan dr Rensa, menurut Undang-undang (UU) Nomor 13 Tahun 1998 menyatakan bahwa lansia adalah seseorang yang telah mencapai usia 60 tahun ke atas. Sedangkan menurut Badan Pusat Statistik (BPS) 2014, ada beberapa klasifikasi lansia diantaranya Lansia Muda adalah 60-69 tahun; Lansia Madya 70-79; Lansia Tua lebih dari 80 tahun; dan Pra Lansia usia 45-59 tahun. 

Terkait hipertensi, kata dr Rensa, berpotensi tingkatkan stroke dan demensia di kemudian hari. Penurunan fungsi kognitif juga dapat terjadi pada penderita hipertensi dalam waktu satu tahun setelah terdiagnosis hipertensi. 

"Proses menua secara alamiah akan dialami oleh setiap manusia. Proses menua juga akan terus berjalan, tidak dapat dihentikan atau dicegah, hanya dapat diperlambat," kata dr Rensa

Bertambahnya usia, fungsi fisiologis juga mengalami penurunan akibat proses penuaan sehingga penyakit lebih mudah terjadi pada lansia. Selain itu, proses degeneratif di berbagai organ menurunkan daya tahan tubuh sehingga rentan terkena infeksi penyakit menular.

"Dari aspek kesehatan, hampir separuh lansia mengalami keluhan kesehatan sebulan terakhir. Angka kesakitan lansia juga cenderung menurun setiap tahun," kata dia.

 

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Widita Fembrian