• News

  • Kesehatan

Psikolog: Kesehatan Fisik dan Finansial Penting bagi Generasi Produktif

Psikolog Roslina Verauli.
NNC/Martina Rosa
Psikolog Roslina Verauli.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Psikolog Roslina Verauli mengatakan, pada usia 20 hingga 30 tahun, seseorang biasanya memiliki kecenderungan untuk merayakan kebebasan. Misalnya saja membeli berbagai barang, pergi ke suatu tempat, atau melakukan kegiatan dengan penghasilan yang dimiliki diri sendiri.

Menurut Vera, keadaan ini membuat orang tidak sadar akan masa depan karena tidak mempertimbangkan status finansial. Padahal status finansial amat relevan dengan kesehatan dan hidup sehat amatlah penting.

"Fakta ilmiah bahwa masalah keuangan masuk kategori stressor kronis. Sumber stress berkepanjangan," kata Vera saat konferensi pers di Jakarta, Kamis (11/7/2019).

Dari survey yang dilakukan Olson (2000) terhadap sejumlah 21.501 pasangan, uang merupakan sumber stres yang dihadapi oleh pasangan dan keluarga.

Tidak hanya itu, dipaparkan Vera, penelitian oleh Thomas Garman yakni seorang profesor keuangan pribadi menemukan bahwa 1/3 pekerja menghadapi tekanan keuangan yang sangat tinggi. Pada titik ekstrem, seseorang bisa merasa kekhawatiran akan uang dan menganggu performa kerja harian.

"Jadi jaman sekarang fisik, mental dan status keuangan penting. Dengan begitu orang mampu membangun relasi intim dan ke level untuk orientasi prestasi dan berusaha jadi versi diri terbaik," terang Vera.

Pernyataan ini disampaikan Vera karena kondisi stres, akan mempengaruhi sistem fisiologis, dimana tubuh menghasilkan 2 jenis hormon: catecholamines dan corticosteroids, yang menekan sistem kekebalan tubuh, sehingga seseorang mudah sakit.

Semakin lama stres berlangsung, kemampuan tubuh untuk bertahan terhadap stres akan menurun hingga tubuh kelelahan dan kolaps.

"Jadi sangat penting bagi masyarakat khususnya generasi produktif untuk dapat mengelola kondisi finansialnya agar terbebas dari chronic stressor yang mengganggu kesehatan tubuh. Sebagai kebutuhan dasar yang perlu dipenuhi, kesehatan fisik dan finansial penting bagi generasi produktif agar mampu menampilkan potensi diri terbaik mereka," jelas Vera.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Irawan.H.P

Apa Reaksi Anda?