• News

  • Kesehatan

Tidak Semua Disabilitas pada Anak Dapat Terlihat, Ini Ciri-cirinya

Ilustrasi
dok.videoblock
Ilustrasi

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Orang dengan disabilitas psikososial adalah orang yang mengalami gangguan mental. Mereka memiliki gangguan fungsi pikiran, emosi, dan perilaku yang membuat mereka terhambat dalam kehidupan sehari-hari.

Disabilitas psikososial melihat pada keterbatasan interaksi dan partisipasi seseorang karena kondisi kesehatan mentalnya. Disabilitas ini berdampak terhadap pola pikir, perasaan, dan perilaku seseorang sehingga menyebabkan buruknya interaksi partisipasi dan hubungan dengan masyarakat.

Maka dari itu diluncurkanlah sebuah Buku Mengenal Anak dengan Disabilitas Psikososial: Panduan untuk Orang Tua dan Keluarga di Komisi Nasional (Komnas) Hak Asasi Manusia (HAM), di Jakarta, Kamis (25/7/2019).

Penanggung jawab buku ini adalah Asisten Deputi Perlindungan Hak Perempuan dari Kekerasan Rumah Tangga Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) Usman Basuni. Adapun Penulis dan Peneliti adalah Agus Hasan Hidayat, Rina Refliandra, Fatmawati, Mely Setyawati, Niniek Dhiniyanti.

Penulis menyatakan, perilaku menyendiri adalah terkait sulit berkonsentrasi, tugas terbengkalai, dan nakal berlebihan.

Terkait pola pikir ini meliputi rasa "saya gagal", "saya tak berguna", "saya frustasi", dan tidak percaya diri.

Sedangkan gejala fisik meliputi sulit tidur, berat badan turun, perubahan nafsu makan, gampang lelah, dan rentan sakit.

Terkait perasaan, anak merasa cemas, sedih, marah, dan tidak percaya diri.

Selain keluhan-keluhan psikologis, gejala-gejala awal anak dengan disabilitas psikososial juga dapat terlihat dari keluhan-keluhan fisik. Keluhan fisik diantaranya seperti sakit perut yang terus-menerus dan sering mengalami pusing kepala.

Apabila keluhan keluhan fisik berlangsung terus-menerus namun hasil pemeriksaan medis tidak ditemukan penyakit, maka keluarga dan orang tua perlu pemeriksaan psikologis.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya