• News

  • Kesehatan

Aktivitas Ringan di Rumah Ternyata Kurangi Risiko Kematian Dini

Ilustrasi
dok.cleaning service
Ilustrasi

JAKARTA, NETRALNEWS.COM -- Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa melakukan aktivitas fisik ringan seperti memasak atau hanya mencuci piring dapat secara signifikan mengurangi risiko kematian dini.

Para peneliti di University of Leicester yang melakukan penelitian ini mengatakan orang yang ingin hidup lebih lama dapat meningkatkan peluang mereka dengan menjadi sedikit lebih aktif setiap hari.

Dalam studi tersebut, yang dipimpin oleh Sekolah Ilmu Olahraga Norwegia, hasilnya menunjukkan bahwa tingkat kematian turun tajam ketika tingkat intensitas aktivitas meningkat - itu berarti melakukan segalanya mulai dari membuang sampah hingga membuang televisi dan berjalan-jalan di sekitar rumah.

Dilansir dari laman Metro UK, laporan yang diterbitkan dalam BMJ oleh Ulf Ekelund dan Thomas Yates, menunjukkan bahwa ketika intensitas aktivitas fisik meningkat ke tingkat yang moderat (berpikir untuk berkeringat saat berjalan cepat atau mengelilingi seluruh rumah), penurunan kematian yang sama juga terjadi hanya dengan 24 menit aktivitas fisik dilakukan setiap hari.

Di sisi lain spektrum, mereka yang tidak melakukan apa-apa sepanjang hari, atau duduk selama 9,5 jam atau lebih terlihat memiliki peningkatan kematian yang lebih signifikan sebelumnya dan mengembangkan kondisi medis lainnya, seperti penyakit jantung.

Rekomendasi fisik saat ini, di Inggris dan AS, menyarankan bahwa setidaknya 150 menit per minggu aktivitas fisik intensitas sedang diperlukan untuk tetap sehat, dan bahwa periode duduk yang lama harus dihindari.

Delapan studi sebelumnya yang melibatkan 36.383 orang dewasa berusia 40 atau lebih yang memakai pelacak ditinjau oleh tim di University of Leicester.

Berbicara tentang hasilnya, Profesor Thomas Yates dari Universitas Leicester mengatakan temuan itu 'fantastis'. "Sebelumnya telah banyak diasumsikan bahwa lebih banyak yang lebih baik dalam hal aktivitas fisik untuk kesehatan," katanya. "Namun, penelitian ini menunjukkan kesehatan dapat dioptimalkan dengan hanya 24 menit per hari jalan cepat atau bentuk aktivitas fisik intensitas sedang lainnya."

Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya