• News

  • Kesehatan

Sindrom Langka, Anak Ini Selalu Ramah pada Siapa Saja

 Alex Vasey adalah anak kecil yang cerdas dan ramah.
Daily Mail
Alex Vasey adalah anak kecil yang cerdas dan ramah.

ABERDEEN, NETRALNEWS.COM - Seorang anak berusia empat tahun memiliki kondisi langka, keadaan ini membuatnya 'terlalu ramah' dan 'akan berbicara kepada siapa pun'. Dengan senyumnya yang berseri-seri, Alex Vasey adalah anak kecil yang cerdas dan ramah. 

Anak berusia empat tahun itu memiliki kondisi medis yang langka yang membuat dia lebih mudah bergaul dan tidak takut pada orang asing.

Alex menderita sindrom Williams, kelainan genetik, yang menyebabkan berbagai masalah kesehatan dan perkembangan, termasuk terlalu ramah. Orang tuanya Don dan Bethan tidak khawatir terkait interkasi dengan teman, karena dia akan berbicara kepada semua orang yang dia temui. Tetapi dia tidak memiliki pemahaman tentang kapan orang bertindak tidak baik padanya.

"Alex akan berbicara kepada siapa pun di jalan. Dia tidak malu. Tapi dia tidak akan memahami hal-hal tertentu seperti bahaya orang asing. Dia umumnya sangat bahagia dan penuh kasih dan perhatian. Dia melihat yang baik dalam diri setiap orang. Dia juga sangat empatik. Jika anak lain mulai menangis, dia ingin tahu mereka baik-baik saja dan membuat mereka bahagia. Dia sangat ramah dan ramah, dan itu masalahnya - dia bisa dengan mudah dimanfaatkan. Dia kurang memiliki kesadaran sosial," jelas orang tuanya, dilansir dari laman Daily Mail, Selasa (10/9/2019).

Keterampilan verbalnya juga lebih besar daripada teman-teman seusianya. Karakteristik lain dari sindrom ini, yang seringkali dapat menutupi bahwa ada masalah pada dirinya. 

"Dia mengambil kata-kata dari lingkungan tempat dia berada. Dia mengulanginya, tetapi dia tidak memahami konsepnya," kata Ayahnya.

Ayahnya (40) dan ibunya (38) belum pernah mendengar kondisi itu sampai Alex, yang juga sensitif terhadap suara keras, didiagnosis pada usia satu tahun.

Tetapi tanda kelainan yang paling terlihat terjadi beberapa bulan sebelumnya. Alex memiliki pola Starburst di sekitar iris matanya. Semua orang terus berkata, bahwa Alex memiliki mata yang indah, tetapi itu adalah ciri sindrom Williams

Selama sepuluh bulan, Alex, yang memiliki saudara perempuan berusia dua tahun, Agatha, telah tampak sehat. Tetapi kemudian dia jatuh sakit karena pilek dan ibunya membawanya ke dokter umum, yang mendapati dia mengalami sedikit gangguan jantung.

Alex dirujuk ke Royal Hospital for Children di kota itu, di mana petugas medis mendapati bahwa dia menderita kelainan jantung yang disebut supravalvular aortic stenosis, penyempitan pembuluh darah utama yang membawa darah dari jantung ke seluruh tubuh. Ini adalah anomali umum pada pasien dengan sindrom Williams, yang mempengaruhi satu dari setiap 18.000 orang di seluruh dunia. 

Pemindaian sejauh ini telah menunjukkan bahwa jantungnya berfungsi cukup baik tanpa perawatan, tetapi orang tuanya tahu bahwa Alex membutuhkan pembedahan. 

"Kondisi itu, yang juga menyebabkan kesulitan belajar yang ringan sampai sedang, tidak menghentikan Alex untuk menikmati kecintaannya pada musik dan menari. Dia adalah anak kecil yang lucu, ramah, ceria dan dia membuat kita bahagia," ujar Ayahnya.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Widita Fembrian