• News

  • Kesehatan

Ini Manfaat Minum Teh Setiap Hari Bagi Otak

Ilustrasi minum teh
dok.AAPR
Ilustrasi minum teh

SINGAPURA, NETRALNEWS.COM - Sebuah penelitian ungkap minum teh  baik untuk otak Anda dan mencegah penurunan kinerja otak terkait usia.

Sebanyak 36 orang dewasa yang semuanya berusia 60 atau lebih diminta untuk ikut serta dalam serangkaian tes kognitif untuk penelitian ini. Para peneliti yang dipimpin oleh tim yang berbasis di National University of Singapore juga mengambil scan MRI dari para relawan.

Semua peserta, dari Singapura, juga ditanya tentang seberapa sering mereka minum teh hijau, hitam atau oolong, serta kopi. Hasil penelitian menunjukkan peserta yang minum teh setidaknya empat kali seminggu selama sekitar 25 tahun memiliki lebih banyak otak yang sehat.

"Hasil kami menawarkan bukti pertama dari kontribusi positif minum teh untuk struktur otak. Minum teh secara teratur memiliki efek perlindungan terhadap penurunan terkait usia dalam otak," kata Ketua Peneliti Dr Feng Lei, dilansir dari laman Daily Mail, Minggu (15/9/2019).

Dr Lei menganalogikan kasus ini dengan lalu lintas jalan sebagai contoh. Anggap daerah otak sebagai tujuan, sedangkan koneksi antar daerah otak adalah jalan. Ketika sistem jalan lebih terorganisir, pergerakan kendaraan dan penumpang lebih efisien dan menggunakan lebih sedikit sumber daya. Demikian pula, ketika koneksi antar daerah otak lebih terstruktur, pemrosesan informasi dapat dilakukan dengan lebih efisien.

Studi ini, yang juga melibatkan tim dari Universitas Cambridge dan Essex, diterbitkan dalam jurnal ilmiah Aging. Penelitian ini diyakini sebagai yang pertama dari jenisnya, tanpa penelitian lain yang meneliti efek teh pada jaringan otak.

Ini bukan pertama kalinya para ilmuwan menemukan manfaat dari minum teh, studi menunjukkan bahwa itu dapat menangkal diabetes tipe 2 dan membantu Anda hidup lebih lama. Peneliti Jerman tahun lalu mengkredit polifenol di dalam teh karena membantu memerangi 'stres internal', asalkan dikonsumsi bersamaan dengan suplemen seng.

Pada 2017, satu studi menyarankan teh bisa menghaluskan lonjakan kadar gula darah. Peminum teh lainnya menyarankan lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami gangguan kognitif.

Terkahir, ada juga penelitian yang dilakukan oleh Dr Lei dan rekannya, berspekulasi bahwa teh hijau dan hitam mengandung senyawa bioaktif yang meningkatkan daya ingat.

"Teh telah menjadi minuman yang populer sejak jaman dahulu. Studi kami sekarang menunjukkan minum teh efektif dalam mencegah atau memperbaiki penurunan kognitif dan minum teh mungkin menjadi pilihan gaya hidup sederhana yang bermanfaat bagi kesehatan otak," kata Dr Lei.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya