• News

  • Kesehatan

Janggal, Wanita Ini Miliki 2 Miss V

 Janggal, wanita ini miliki 2 Miss V.
Healthy
Janggal, wanita ini miliki 2 Miss V.

RANSKILL, NETRALNEWS.COM - Ada yang janggal dari wanita satu ini, pasalnya dia memiliki dua miss v, dua rahim, dan du leher rahim. Sedihnya, keadaan ini diklaim dokter akan sulit bagi wanita tersebut untuk memiliki anak atau mandul.

Wanita itu adalah Eleanor Rowe. Pernyataan bahwa dirinya akan mandul telah membuat dia sedih bahkan takut tidak akan bisa menjadi ibu bagi anak-anaknya sendiri.

Namun wanita berusia 36 tahun ini melawan pernyataan dokter. Rowe ternyata baru tahu tentang anatomi kewanitaannya yang tidak biasa lima tahun lalu. Ini terjadi setelah dia membekukan sel telur sebagai wanita lajang.

Dikatakan sang dokter mengangkat dinding yang membagi Miss V dan diketahui ada dua, leher rahim dua, dan rahim pun dua, yakni pada 2015. Setahun kemudian dia bertemu dengan suaminya, Chris. Keduanya ingin punya anak, meskipun Rowe diberitahu akan sulit karena kondisinya, yang disebut uterus didelphys.

Tetapi setelah melakukan berbagai macam cara pasangan yang berasal dari Ranskill, Nottinghamshire, mengetahui bahwa Rowe hamil pada bulan November 2018.

"Saya tidak percaya saya telah hidup selama tiga dekade dan tidak tahu ini semua terjadi di dalam diri saya. Ketika saya diberi tahu bahwa saya memiliki dua dari semuanya (miss v, leher rahim dan rahim), itu tampak agak anehdan baru mengetahui anatomi unik yang belum pernah saya dengar sebelumnya," jelas dia, dilansir dari laman Daily Mail, Jumat (4/10/2019).

Rowe dirujuk ke Rumah Sakit Princess Alexandra di Harlow untuk operasi investigasi yang mengungkapkan dia miliki dua leher rahim dan dua Miss V. Kondisi yang dikenal sebagai uterus didelphys atau kelainan bawaan yang langka ini berkembang ketika dia masih janin. Ini mempengaruhi sekitar satu dari 3.000 wanita.

"Secara eksternal semuanya tampak normal, dengan satu Miss V mengarah ke satu leher rahim yang mengarah ke salah satu rahim. Tetapi di dalam, saya memiliki duplikat dari segalanya dan menstruasi yang tidak teratur adalah satu-satunya tanda bahwa ada sesuatu yang tidak beres," jelas dia.

Uterus didelphys, juga dikenal sebagai rahim ganda, adalah suatu kondisi di mana seorang wanita dilahirkan dengan dua rahim, untuk memisahkan leher rahim dan kadang-kadang dua Miss V, meskipun hal ini tidak selalu terjadi.

Ini terjadi karena pada janin perempuan, rahim mulai keluar sebagai dua tabung kecil. Saat janin berkembang, tabung biasanya bergabung untuk membuat satu organ berlubang yang lebih besar, yakni rahim. Kadang-kadang tabung tidak bergabung sepenuhnya dan masing-masing berkembang menjadi organ berlubang yang terpisah sehingga wanita dilahirkan dengan dua rahim.

Ini seringkali hanya terlihat setelah pubertas dan didiagnosis dengan pemeriksaan fisik atau pemindaian ultrasound. Dalam hal anatomi fisik, kedua rahim seringkali sedikit lebih kecil dari rata-rata, meskipun mereka bisa sebesar rahim 'normal'. Itu juga memungkinkan untuk hamil dua kali pada saat yang sama, dengan bayi di setiap rahim.

Beberapa wanita juga terlahir dengan dua Miss V, meskipun mereka dapat melakukan hubungan seks dan menstruasi dengan cara yang sama seperti orang yang hanya memiliki satu Miss V.

"Mereka mungkin tahu mereka memiliki dua dan dapat menemukannya, atau mereka mungkin tidak menyadarinya. Ini bisa menyakitkan karena ada dua yang tergencet di area yang sama," kata Seorang Konsultan Ginekolog dan Ahli Obstetri di BMI The Sloane Hospital, Dr Leila Hanna.

Kata dokter, mereka yang alami ini juga bisa memiliki kelainan pada ginjal mereka dan tabung yang membawa urin dari kandung kemih. Wanita juga akan sering memiliki risiko sedikit lebih tinggi mengalami keguguran, persalinan prematur dan perdarahan selama kehamilan.

"Seringkali operasi caesar direkomendasikan, untuk mengurangi risiko komplikasi. Tidak ada perawatan atau penyembuhan untuk kondisi ini," kata dia.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani