• News

  • Kesehatan

Air Merupakan Bagian Zat Gizi, Pakar Sarankan Anda Lakukan Hal Ini

Peluncuran Pojok Hidrasi Sehat di Farmers Market, Serpong
Netralnews/Martina Rosa
Peluncuran Pojok Hidrasi Sehat di Farmers Market, Serpong

SERPONG, NETRALNEWS.COM - Hydration Science Director Danone AQUA, dr Tria Rosemiartimengatakan, air adalah bagian dari zat gizi. Air bahkan membawa manfaat karena 50-60 persen tubuh kita terdiri dari air. 

Apabila seseorang kekurangan air, dikatakan ada berbagai dampak yang terjadi, diantaranya sakit kepala dan kurang konsentrasi. Sedangkan dampak panjangnya bisa akibatkan infeksi saluran kemih hingga gangguan ginjal. 

"Air adalah zat gizi yang diperlukan tubuh. Tulang yang keras pun mengandung air," kata dr Tria saat peluncuran label baru AQUA dan peluncuran Pojok Hidrasi Sehat di Farmers Market, Serpong,Tangerang Selatan Jumat (4/10/2019).

Maka dari itu dr Tria klaim, perlu bagi seseorang memenuhi hidrasi tubuh dengan minum air mineral. Hidrasi sendiri disebut sebagai kebutuhan air sesuai volume yang dibutuhkan. Ini tergantung dengan jenis kelamin, suhu, lingkungan, aktivitas, hingga berat badan.

"Misalnya kebutuhan antara wanita dan pria, itu berbeda. Tergantung aktivitas juga. Kalau wanita 1,8 liter, kalau laki-laki 2 liter," kata dia.

Tria juga sarankan, bagi orang tua untuk menambahkan dua gelas air mineral sebelum berangkat sekolah untuk meningkatkan fungsi kognitif visual dan memori anak. Tidak hanya itu, hidrasi yang tercukupi juga mampu menciptakan konsentrasi akan daya visual saat menyetir.

Menurut dr Tria, hidrasi tubuh bisa tercukupi diawali dengan komitmen untuk minum air dan disadari sebagai kebutuhan. Minum air bisa diawali mulai dari bangun tidur sebanyak dua gelas. "Itu mampu penuhi 50 persen kebutuhan hidrasi tubuh," sambung dia.

Menurut dr Tria, minum juga tidak hanya aktivitas untuk melepas rasa haus, melainkan juga menurunkan risiko terjadinya berbagai macam penyakit.

"Kecukupan air mineral sebetulnya diperoleh dari makanan padat. Konsumsi air mineral adalah melengkapi," kata dia.

Pada kesempatan tersebut, dr Tria juga jabarkan bahwa ada berbagai proses tahapan AQUA hingga aman diminum konsumen untuk memenuhi kebutuhan mineral tubuh. Dikatakan, AQUA menggunakan sistem Pijar, yakni pilih, jaga, dan rawat. 

"AQUA tidak hanya pilih sumber mata air, tapi juga melalui sembilan kriteria dengan tahapan panjang. Terkait rawat, bagaimana kualitas air dijaga dari penyaringan hingga proses pengemasan," kata dia.

Diakui dr Tria, tidak ada penambahan maupun pengurangan kandungan mineral dalam prosesnya. Sehingga mineral pada AQUA dijamin alami dan murni. 

Sedangkan terkait rawat, adalah proses bagaimana yang berasal dari alam tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan melainkan juga perlu budidaya untuk perbaiki alam, terutama yang berada di daerah sumber air AQUA.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Nazaruli