• News

  • Kesehatan

Apa Benar Menstruasi Adalah saat yang Tepat untuk Pasang IUD?

Menstruasi saat yang tepat untuk memasang IUD.
alodokter
Menstruasi saat yang tepat untuk memasang IUD.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Apakah Anda akan berencana menggunakan KB Spiral atau Intrauterine Device (IUD)?. Apabila ya, tahukah Anda waktu yang tepat untuk memasang alat kontrasepsi tersebut?.

Anggota Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI), dr Boy Abidin, SpOG(K) mengatakan, waktu yang tepat untuk menggunakan IUD adalah saat tidak hamil, setelah 40 hari melahirkan, serta saat menstruasi.

Dijelaskan dr Boy, 40 hari setelah melahirkan bisa jadi saat yang tepat pasang IUD karena rahim telah kembali ke ukuran normal. Tidak hanya itu, dengan keadaan rahim yang telah kembali normal bisa membuat IUD dipasang dalam posisi terbaik.

Sedangkan saat menstruasi, dikatakan keadaan rahim akan sedikit terbuka karena adanya darah haid. Di keadaan rahim sedikit terbuka iulah bisa disisipkan IUD.

Ada juga rumor yang menyatakan apabila pasang IUD saat menstruasi jadi momentum paling baik, salah satunya karena tidak sakit. Menanggapi hal ini, dr Boy klaim bahwa sakit atau tidaknya memasang IUD adalah relatif sesuai persepsi dari wanita yang akan menggunakan.

"Tapi selama tidak menstruasi, tidak hamil, IUD juga bisa dipasang. Kalau sakit atau tidak, itu relatif," kata dia pada Netralnews, baru-baru ini.

Disarankan dr Boy, pengguna IUD juga harus rajin melakukan kontrol setiap enam atau satu tahun sekali. Kontrol dipakukan untuk melihat posisi IUD, apakah terjadi pergeseran atau tidak, atau bahkan lepas.

Selain itu diimbau juga ganti IUD tergantung masa pakai. Ada yang masa pakai lima tahun dan ada pula yang delapan tahun.

"Penggantian IUD ini perlu dilakukan pasalnya lewat masa pakai, efektivitas IUD sudah tidak maksimal lagi," kata dia.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani