• News

  • Kesehatan

Begini Penanganan Awal saat Disengat Kalajengking

Kalajengking (pharmacologylib)
Kalajengking (pharmacologylib)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Jika Anda senang berkemah atau melakukan kegiatan outdoor, Anda perlu mewaspadai sengatan kalajengking. Gejala umum akibat sengatan binatang berbisa ini yakni rasa nyeri langsung atau terbakar.

Rasa nyeri umumnya terjadi di seluruh persendian, sedikit bengkak, peka terhadap sentuhan dan sensasi mati rasa atau kesemutan. Jika hal ini terjadi, yang pertama dapat dilakukan adalah mencuci daerah yang tersengat dengan alkohol, sabun dan air. Kedua, Anda dapat mengompres daerah sengatan kalajengking dengan es.

Es dapat dibungkus dalam kain lap atau penutup lain yang sesuai, dikompreskan di lokasi sengatan selama sepuluh menit. Jika perlu, ulangi beberapa kali.

Laman dokterdigital menyarankan, jika gejala sengatan parah, seperti penglihatan kabur, otot berkedut, gerakan mata tidak terkontrol atau gejala yang tidak umum, jangan tunda mencari pertolongan medis.

Agar terhindar dari sengatan kalajengking saat melakukan kegiatan di luar rumah, Anda harus memeriksa sepatu atau pakain sebelum dikenakan karena kalajengking suka di tempat yang sedikit lembab. Anda juga dapat menaburkan garam dapur di sekeliling lokasi tenda kemah untuk menghalau kalajengking.

Editor : Lince Eppang