• News

  • Kesehatan

Ini yang Dapat Anda Lakukan Jika Digigit Laba-laba

Laba-laba Black Widow (Live Science)
Laba-laba Black Widow (Live Science)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Laba-laba jenis Black Widow memiliki ciri menyerupai jam pasir merah pada perutnya dan Brown Recluse bercirikan tiga pasang mata serta berwarna coklat. Meski sangat sedikit kasus kematian akibat digigit serangga ini, namun gigitan laba-laba bisa berakibat serius seperti demam, mual dan muntah serta sakit perut.

Laba-laba jenis ini biasanya menyukai iklim yang hangat dan gelap, tempat yang kering dan banyak lalat, lemari, laci kayu dan di bawah westafel. Dari mayoritas kasus gigitan laba-laba yang dilaporkan, sebagian besar hanyalah gigitan serangga biasa. Jika Anda mencurigai Anda telah digigit laba-laba, Anda harus memeriksa terlebih dahulu apakah ada laba-laba yang hidup di tempat tinggal Anda.

Gigitan yang dihasilnya cukup ringan namun menyengat, diikuti oleh kemerahan pada daerah yang digigit dan rasa sakit dalam waktu delapan jam pasca gigitan. Sebuah bentuk blister yang berisi cairan di lokasi gigitan dan biasanya menimbulka bisul/ulkus yang cukup dalam dan besar.

Reaksi dari gigitan laba-laba jenis Brown Recluse dapat bervariasi mulai dari demam ringan hingga ruam, mual, dan kelesuan. Kematian akibat laba-laba ini tergolong langka, akan tetapi jika terjadi kematian, biasanya hal ini terjadi pada anak-anak.

Jika digigit laba-laba cobalah untuk mengindentifikasi jenis laba-laba yang menggigit Anda. Dikutip dari laman Dokter Digital, Jumat (17/2/2017), jika digigit oleh laba-laba Black Widow atau Brown Recluse, upaya yang dapat Anda lakukan yakni:

1. Bersihkan Luka.

Gunakan sabun dan air untuk membersihkan luka dan kulit sekitar gigitan laba-laba.

2. Perlambat Penyebaran Racun.

Jika gigitan laba-laba terjadi pada lengan atau kaki, ikat perban di atas gigitan dan tinggikan tungkai untuk membantu memperlambat atau menghentikan penyebaran racun. Pastikan bahwa perban yang diterapkan tidak terlalu ketat sehingga memotong sirkulasi pada lengan atau kaki.

3. Gunakan Kain Dingin di Lokasi Gigitan Laba-laba.

Terapkan kain yang dibasahi dengan air dingin atau diisi dengan es.

4. Carilah Bantuan Medis Sesegera Mungkin.

Pengobatan untuk gigitan laba-laba Black Widow mungkin memerlukan obat anti-racun. Dokter dapat mengobati gigitan laba-laba Brown Recluse dengan berbagai jenis obat.

Editor : Lince Eppang