• News

  • Kesehatan

Waspada, Anak Bisa Terkena Kelenjar Getah Bening

Anak juga bisa terkena kelenjar getah bening. (Ilustrasi: Solusi Sehat)
Anak juga bisa terkena kelenjar getah bening. (Ilustrasi: Solusi Sehat)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Selain menyerang orang dewasa, kanker kelenjar getah bening pada anak pun sering terjadi. Dengan kasus rata-rata usia anak yang diserang berkisar dari 5 tahun ke atas. Jenis kanker yang umum menyerang orang usia muda ini yakni jenis limfoma Hodgkin. 

Pertumbuhan tidak normal sel B dan atau sel T menjadi pemicu terjadinya Limfoma Hodgkin . Sel B dan Sel T merupakan limfosit yakni jenis sel darah putih yang tidak mempunyai granula pada sitoplasmanya. Awalnya kedua limfosit ini dibentuk pada sumsum tulang dan hati (pada fetus). 

Dokter Taslim Mansoer, SpB(K) Onk dari RS  Meilia menjelaskan, limfosit yang tetap berada di sumsum tulang berkembang jadi sel B dan limfosit yang berpindah ke timus berkembang jadi sel T. Sel B dan sel T banyak ditemukan pada kelenjar getah bening, organ limpa dan organ limpatik lain. Kedua limfosit ini menghasilkan antibodi untuk melawan zat asing yang masuk ke dalam tubuh.

Gejala atau tanda kanker kelenjar getah bening pada anak hampir tidak jauh berbeda dengan yang terjadi pada orang dewasa. Berbagai gejala tersebut ditandai dengan pembengkakan kelenjar getah bening yang dapat diraba di daerah leher. Berbeda dengan gondongan, pembengkakan yang terjadi terasa keras ketika diraba seperti sedang meraba bola pingpong. 

“Pada anak juga sering ditambah dengan reaksi alergi pada kulit yakni timbulnya rasa gatal yang sangat. Sehingga anak sering menggaruk kulitnya yang tanpa bentol,” tutur dr Taslim, dalam siaran persnya Selasa, (28/03/2017).

Dalam martikel Sehat Centre dijelaskan, jika kanker yang di derita termasuk pada kategori B maka demam yang terus berulang, tubuh yang mengeluarkan keringat lebih di malam hari serta hilangnya bobot tubuh secara mendadak tanpa alasan yang jelas dapat menjadi tanda kanker kelenjar getah bening pada anak. Tanda yang sama bisa terjadi pada orang dewasa). 

“Segeralah periksakan anak Anda ke dokter ahli jika terdapat tanda-tanda tersebut. Hal ini agar segera didapatkan kepastian apakah pembengkakan yang terjadi dipicu pertumbuhan sel-sel kanker atau tidak. Pendeteksian dini sangat penting agar kanker yang tersarang dapat segera diobati sebelum menyebar pada organ-organ tubuh lain,” tandas dr Taslim.

Menurut dia, jika terlambat diketahui, kanker kelenjar getah bening pada anak Anda bisa menyebar pada su

Editor : Sulha Handayani