• News

  • Kesehatan

Ini Alasan RSUD Nonggan Jadi Wisata Rumah Sakit

RSUD Noongan targetkan jadi RS Wisata. (Ilustrasi: RSUD)
RSUD Noongan targetkan jadi RS Wisata. (Ilustrasi: RSUD)

Berita Terkait

MANADO, NETRALNEWS.COM –  Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Noongan, Sulawesi Utara, targetkan jadi tourism hospital. trus memantapkan kesiapannya menjadi rumah sakit wisata atau "tourism hospital" pertama di Indonesia.

" RSUD Noongan sudah ada sejak masa pendudukan Belanda di Tanah Air, dan berada di pegunungan yang sejuk dengan udara yang bersih, jadi cocok menjadi rumah sakit wisata," kata Ketua Satuan Tugas Pariwisata Sulawesi Utara, Dino Gobel..

Gobel mengatakan, kesiapan RSUD Noongan Langowan, menjadi rumah sakit wisata, juga ditunjukan oleh direkturnya dr Enrico Rawung, MARS, yang juga melakukan berbagai perbaikan di seluruh bagian rumah sakit tersebut.

Dia mengatakan, RSUD Noongan memang memiliki sejumlah kelebihan dibandingkan RS lainya, sebab sudah lama berdiri, kemudian berada di perbatasan antara kabupaten Minahasa dan Minahasa Tenggara.

"Terutama berada di pegunungan dengan luas sekitar 16 hektare, di tengah kawasan hutan pinus, benar-benar membuat RSUD Noongan tempat yang ideal untuk dijadikan rumah sakit wisata," kata Gobel, seperti dilansir Antara Jumat (28/04/2017).

Gobel mengatakan, sebagai rumah sakit wisata, RSUD Noongan sudah memiliki konsep tersendiri yang bisa dipastikan membuat para pasien yang dirawat merasa nyaman.

Direktur RSUD Noongan, dr Enrico Rawung, MARS, mengatakan, meskipun sedang dikembangkan sebagai wisata, tetapi tujuan melayani masyarakat tetap diprioritaskan, bahkan juga diarahkan untuk menjadi rumah sakit rujukan.

"Untuk mendukung konsep menjadi rumah sakit rujukan, RSUD Noongan akan diupayakan untuk dilengkapi dengan berbagai peralatan yang canggih, sehingga bisa menarik juga pasien dari luar negeri dalam kapasitas sebagai RS wisata," katanya.

Dia menegaskan pelayanan kepada pasien juga tetap menjadi prioritas sehingga siapapun yang datang berobat tetap terlayani baik, karena itu adalah tugas utama rumah sakit, sambil mendukung program pemerintah menjadikan wisata Sulut yang hebat.

Editor : Sulha Handayani