• News

  • Kesehatan

Alami Kelainan Kulit Langka, Pria Ini Dijuluki "Manusia Hantu"

Pria ini alami gangguan kulit langka (Daily Mail)
Pria ini alami gangguan kulit langka (Daily Mail)

NEW DELHI, NETRALNEWS.COM - Percaya atau tidak, tapi penampilan wajah dan penampilan fisik memainkan peran penting di dunia sekarang ini.

Individu yang menderita kelainan langka yang mempengaruhi kulit dan wajah mereka sering harus menghadapi cobaan berat dalam hidup mereka.

Dan orang seperti itu sering mengalami stigma sosial karena kurangnya kesadaran dan takhayul yang lazim.

Menurut sebuah laporan di Deccan Chronical, seorang musisi berusia 26 tahun Antonio Reloj dari Filipina dicap sebagai "manusia hantu" oleh masyarakat setempat karena ia menderita bentuk parah ichthyosis, atau gangguan kulit langka, yang menyebabkan kulit mengeras, retak dan tampak terbakar.

Kondisinya sedemikian rupa sehingga ia terpaksa bersembunyi dari orang-orang karena penglihatannya memburuk dan infeksi menyebar di wajahnya.

Pria berusia 26 tahun itu dibesarkan oleh neneknya saat ibunya meninggalkannya saat berusia 12 tahun karena kondisi kulitnya yang langka.

Dia telah terus-menerus diintimidasi oleh penduduk setempat dan memanggilnya "manusia hantu terkutuk". Dia tidak menikmati kebebasan berkeliaran atau mengunjungi tempat-tempat seperti gereja dan pasar saat ia berada di gubuk kayu, seperti yang dilaporkan.

Dikutip dari laman Zee News, Kamis (25/5/2017), Antonio bekerja di bidang elektronika sepanjang hari dan bermimpi menjadi tukang listrik setelah dia sehat. Kulitnya sakit jika dia bergerak banyak dan ingin orang-orang melihatnya sebagai manusia seperti mereka.

Dia mengatakan bahwa kulitnya sangat sakit saat dia bergerak terlalu banyak dan dia berharap orang mengerti bahwa dia hanyalah manusia seperti mereka.

Antonio meminta bantuan medis di luar desa saat "orang Samaria" (julukan untuk orang asing yang rela membantu orang lain) membawanya ke ibukota Manila untuk perawatan.

Dokter pertama harus mendiagnosis bentuk ichthyosis yang menderita Antonio dan kemudian mereka akan meresepkan lotion topikal untuk menghidrasi kulitnya dengan benar.

Editor : Lince Eppang

Apa Reaksi Anda?