• News

  • Kesehatan

Ilmuwan Ciptakan Robot untuk Memeras Racun Kalajengking

Robot yang diciptakan untuk memeras racun kalajengking.
The Financial Express
Robot yang diciptakan untuk memeras racun kalajengking.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Ilmuwan menciptakan robot untuk mengestrak racun kalajengking lebih cepat dan aman dari sebelumnya. Pengambilan racun kalajengking merupakan tugas yang sangat sulit dan ada banyak risiko termasuk sengatan kalajengking yang mematikan dan sengatan listrik dari stimulator yang digunakan untuk mengestrak racunnya.

Karena itu, ilmuwan menciptan robot untuk melakukan tugas itu. Racun kalajengking digunakan di sejumlah bidang medis, termasuk penelitian kanker dan biasanya racunnya diambil secara manual dengan proses yang berpotensi mematikan.

" Robot ini membuat pemulihan racun cepat dan aman," kata Mouad Mkamel, yang merancang robot tersebut dengan tim peneliti dari Universitas Hassan II, Ben M'sik, Maroko, seperti dikutip dari laman Wired, Senin (3/7/2017).

Agar seluruh proses lebih aman, para periset merancang VES-4, robot portabel ringan yang bisa digunakan baik di laboratorium maupun di lapangan.

"Ini dirancang untuk mengekstrak kalajengking tanpa membahayakan hewan dan memberikan keamanan lebih bagi para peneliti," jelas Mkamel.

Metode pemerahan kalajengking saat ini bisa berbahaya baik bagi peneliti, karena sengatan listrik dari peralatan, dan untuk arakhnida, di mana ada risiko menusuk kelenjar racun atau merusak perut. Robot bekerja dengan menjepit ekor kalajengking dan merangsang secara elektrik makhluk itu sehingga bisa mengeluarkan tetesan racun, yang kemudian ditangkap dan disimpan.

"VES-4 bisa digunakan oleh satu orang dengan menggunakan remote control untuk bisa memulihkan kalajengking dengan aman dari jarak jauh," kata Mkamel.

Robot ini telah diuji pada beberapa spesies kalajengking dan dapat diprogram dengan pengaturan khusus untuk spesies yang berbeda, dengan informasi yang ditampilkan pada layar LED.

Editor : Lince Eppang