• News

  • Kesehatan

Ingin Gigi Anda Selalu Sehat? Hindari Makanan Ini

Mengonsumsi coklat salah satu pemicu gigi tak sehat. (Dokj:Mylife)
Mengonsumsi coklat salah satu pemicu gigi tak sehat. (Dokj:Mylife)

JAKARTA, NETRALNEWS.COMSakit gigi penyakit paling menakutkan bagi sebagian orang. Namun, Anda dapat menghindari sakit gigi jika mengikuti beberapa aturan yang ada.

Sakit gigi memiliki beberapa faktor penyebab. Ada yang gusi bengkak, atau infeksi mulut. Beberapa masalah gigi karena kebersihan yang tidak tepat bisa berupa bau mulut, kepekaan gigi, gusi berdarah, sakit gigi, luka mulut dan infeksi.

Meskipun kesehatan gigi yang tepat dimulai dengan menyikat gigi secara teratur dua kali sehari, sangat penting untuk diingat bahwa hal itu tidak cukup. Ada beberapa makanan yang bisa berbahaya bagi kesehatan gigi Anda.  Seperti dilansir laman Boldsky, Kamis (24/08/2017), berikut makanan yang harus dihindari jika Anda ingin terhindar dari sakit gigi. t.

Permen manis
Permen manis mengandung kadar gula tinggi dan hanya bisa menyebabkan rongga. Jika Anda menginginkan gigi sehat. Kecuali Anda memilih untuk makan permen bebas gula. Jika Anda benar-benar mendambakan cokelat, coklat hitam, permen tanpa gula dan permen tanpa gula bisa dikonsumsi minimal.

Teh atau kopi
Terlalu banyak teh atau kopi bisa menodai gigi Anda. Untungnya, satu sampai tiga cangkir sehari aman untuk kesehatan mulut yang baik. Namun, hal yang sama tidak benar dengan kopi. Asam tannic pada kopi memengaruhi lapisan enamel gigi Anda, sehingga menodai mereka dan membuatnya berwarna coklat. Pada akhirnya, kandungan gula membuat gigi Anda menjadi tempat berkembang biak yang mudah bagi bakteri.

Solusi ideal adalah menukar kopi dan teh harian Anda dengan secangkir teh hijau. Minuman yang diseduh ini tidak hanya baik untuk kesehatan mulut Anda tetapi juga kesehatan Anda secara keseluruhan, karena ini mendetoksifikasi tubuh Anda. Konsumsi teh hijau secara teratur dapat membantu Anda melindungi diri dari gigi berlubang, bau mulut dan penyakit gusi.

Buah jeruk
Kita semua tahu bahwa buah jeruk kaya kandungan vitamin C dan sangat penting bagi tubuh kita. Namun, kandungan asam yang tinggi dalam buah dan jus buah ini dapat menyebabkan enamel gigi melemah dan terdemineralisasi dari waktu ke waktu. Area email yang melunak ini kemudian menjadi berubah warna dan akhirnya membusuk.  

Untuk menjaga kebutuhan vitamin C tubuh Anda, Anda tetap bisa mengonsumsi buah ini dengan cara yang lebih aman dan mencegah erosi email. Pastikan Anda tidak mengisap lemon atau jeruk atau buah asam lainnya. Gunakan sedotan sambil minum jus buah.
Bilas mulut Anda dengan air setelah makan buah-buahan jenis ini. Ini akan mencairkan asam di mulut Anda. Pastikan Anda menunggu paling sedikit 30 menit untuk menyikat gigi, sehingga enamel Anda mendapat waktu untuk dipugar.

Minuman soda dan gula
Sebagian besar minuman ringan berkarbonasi termasuk soda diet bersifat asam dan oleh karena itu buruk untuk gigi Anda. Selain gula, minuman ringan juga mengandung asam fosfat dan sitrat yang melembutkan enamel, merusak gigi dan meningkatkan risiko rongga. Jika sama sekali Anda masih ingin mengonsumsi minuman ringan ini, pastikan Anda segera minum secangkir air putih.

Anggur
Alkohol, terutama anggur, noda gigi Anda dan juga memakai lapisan enamel. Minum air berat juga bisa menyebabkan kanker mulut. Anggur memiliki sifat dehidrasi, yang mengeringkan mulut Anda, sehingga sulit menghasilkan air liur, yang biasanya membuat gigi tetap bersih dan bebas dari sampah yang tidak diinginkan.

Bila produksi air liur diturunkan, ia memburuk kesehatan gusi dan bisa menyebabkan kondisi sangat parah seperti kanker mulut. Jadi jika Anda ingin memanjakan diri di dalamnya, pastikan Anda menyikat dan membilas mulut dengan tepat. Anda juga bisa makan sepotong keju untuk mengatasi efek ini.

Acar
Pelakunya di kebanyakan acar adalah asamnya. Semua makanan acar mengandung cuka, yang kandungan asamnya tinggi. Ini membuat email Anda rusak dan gigi Anda menjadi rentan terhadap masalah gigi lainnya. Sekali lagi, seperti yang telah dibahas sebelumnya, menyikat gigi dan membilas mulut Anda bisa membantu. Anda bisa bergantian juga makan sepotong keju karena kalsium dalam keju bisa menetralkan asam dalam cuka.

Makanan ringan
Bila kita memikirkan makanan ringan yang sehat, kebanyakan dari kita memiliki buah kering di bagian atas daftar kita. Sebagian besar buah kering biasanya lengket. Jika Anda adalah pemakan buah kering biasa, pastikan segera membilas mulut Anda. Juga pastikan bahwa Anda dengan hati-hati menyikat dan membersihkan gigi setelah Anda memakannya.

Es
Dingin yang ekstrem dan kerasnya es bisa memberi efek negatif pada enamel gigi Anda, yaitu permukaan pelindung gigi Anda. Mengunyah es memakai enamel ke bawah dan bisa menyebabkan patah tulang gigi.

Editor : Sulha Handayani