• News

  • Kesehatan

Inilah Fakta Stroberi Bebaskan Anda dari Sembelit

Stroberi disinyalir dapat membebaskan Anda dari sembelit. (Dok:Buahsehat)
Stroberi disinyalir dapat membebaskan Anda dari sembelit. (Dok:Buahsehat)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Apakah Anda lelah harus duduk di toilet untuk waktu yang lama setiap pagi, dengan harapan bisa membebaskan diri?

Apakah Anda sering merasa buang air besar setiap hari? Jika iya, maka kemungkinan besar Anda bisa menderita penyakit biasa yang dikenal sebagai sembelit.

Sekarang, bayangkan jika sistem drainase rumah kita diblokir untuk waktu yang lama, bisa menyebabkan limbah stagnan, menyebabkan banyak bau busuk dan masalah plumbing lainnya, kan?

Demikian pula, bahkan ketika menyangkut tubuh manusia, sistem ekskretoris bertindak sebagai metode pipa internal, yang bertanggung jawab untuk mengeluarkan limbah dari tubuh kita, dalam bentuk urin dan tinja. Jadi, bila kita tidak bisa buang air kecil atau tinja secara teratur, akumulasi limbah di tubuh bisa melepaskan racun dan menyebabkan masalah kesehatan.

Bila gerakan usus Anda menjadi tidak efektif atau lambat, hal itu bisa menyebabkan Anda tidak bisa buang air besar secara teratur, sehingga terjadi konstipasi. Dalam beberapa kasus lain, sembelit terjadi saat kotoran Anda mengeras dan akibatnya, Anda merasa sangat sulit untuk buang air besar.

Penyebab konstipasi bisa banyak seperti dehidrasi, diet buruk, keasaman, gangguan pencernaan, gaya hidup tidak aktif, stres, obat tertentu, kanker usus besar, timbunan, dan lainnya. Konstipasi juga bisa disebabkan oleh fluktuasi hormonal, selama periode tertentu, seperti menstruasi, kehamilan.

Beberapa gejala utama sembelit meliputi masalah buang air besar, sakit perut, maag, perut bengkak, nyeri pada rektum, mual, muntah, dan lain-lain. Banyak orang menggunakan konsumsi obat pencahar yang kuat untuk membantu mereka melewati bangku, saat mereka mengalami konstipasi. Namun, pencahar bisa berbahaya bagi kesehatan.

Dilansir dari berbagai sumber, Jumat (01/09/2017), ambilah stroberi alami yang bisa mengobati konstipasi. Karena kandungan vitamin C dan seng  dalam buah stroberi sangat tinggi maka tidak heran jika buah ini mampu meningkatkan  sistem kekebalan tubuh secara menyeluruh sekaligus membantu tubuh melawan infeksi seperti pilek dan flu.

Buah stroberi juga dikenal  mampu mengatasi berbagai macam masalah kesehatan seperti pneumonia, malaria, sembelit, dan diare. Kadar vitamin C yang tinggi dalam buah ini dapat membantu tubuh menyerap zat besi dari makanan dan membantu dalam meningkatkan kadar vitamin dan zat besi dalam tubuh, sehingga dengan mengkonsumsi buah stoberi dapat  mencegah anemia.

Karena kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah stroberi sehingga dapat merangsang sekresi saliva dan cairan lambung. Dengan demikian dapat meningkatkan pencernaan terutama terhadap protein. Selain itu, serat yang terkandung dalam stoberi sangat efektif untuk mengurangi sembelit dan membersihkan usus besar.

Editor : Sulha Handayani