• News

  • Kesra

UI Terima 1.987 Mahasiswa Baru dari SBMPTN 2016

Kampus UI
Kampus UI

DEPOK, NETRALNEWS.COM - Sebanyak 1.987 calon mahasiswa baru Universitas Indonesia (UI) diterima melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016.

Para calon mahasiswa baru UI tersebut berhasil unggul diantara 67,136 total peserta yang memilih UI pada pelaksanaan ujian SBMPTN 2016. Pengumuman telah dapat dilihat pada Selasa (28/6/2016) melalui situs http://pengumuman.sbmptn.ac.id atau http://sbmptn.ui.ac.id

Program studi Pendidikan Dokter menjadi jurusan yang paling diminati di UI pada kelompok ujian Saintek SBMPTN 2016 dengan jumlah pemilih sebanyak 2.940 peserta. Sedangkan sebanyak 3.351 peserta memilih Ilmu Hukum sehingga menjadikannya sebagai jurusan yang paling diminati pada kelompok ujian Soshum.

SBMPTN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara bersama oleh seluruh PTN satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak melalui ujian tertulis. Pada tahun 2016, tercatat 721.314 peserta yang mengikuti seleksi SBMPTN 2016. Peserta SBMPTN 2016 dapat memilih program studi sebanyak-banyaknya 3 program studi.

Jika peserta hanya memilih satu prodi, peserta dapat memilih PTN di manapun. Namun jika peserta memilih dua atau tiga prodi, salah satu pilihan prodi harus di PTN yang berada dalam satu wilayah dengan tempat peserta mengikuti ujian tertulis.

Bagi peserta SBMPTN 2016 yang telah dinyatakan lulus sebagai calon mahasiswa UI, dapat segera mendaftarkan ulang diri dengan tahapan sebagai berikut:

  • 1.    Konfirmasi Pilihan Kelas Permohonan Mekanisme Pengajuan Pembayaran Konfirmasi wajib dilakukan secara online di laman penerimaan.ui.ac.id paling lambat tanggal 30 Juni 2016 pukul 23.59 WIB. Calon mahasiswa harus memperhatikan dengan seksama seluruh informasi yang disampaikan dan isi semua formulir yang telah disiapkan, termasuk mendapat jadwal pemeriksanaan kesehatan dalam tautan http://pra-registrasi.ui.ac.id
  • 2.    Pembayaran Biaya Pendidikan Pastikan Anda telah mengetahui Nomor Pokok Mahasiswa (NPM) yang diperoleh saat pengumuman hasil ujian SBMPTN. Pembayaran Biaya Pendidikan dilakukan selambatnya pada tanggal 26 Juli 2016 melalui BNI, BTN, Bank Permata, Bank Mandiri, Bank CIMB Niaga, BRI dan Bank Bukopin (pilih salah satu).
  • 3. Registrasi Akademik
    Calon mahasiswa baru diwajibkan hadir dan tidak dapat diwakilkan, pada
    a.    Selasa, 26 Juli 2016: Teknik, Ilmu Komputer, Farmasi, Kedokteran
    Gigi, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Kesehatan Masyarakat
    b.    Rabu, 27 Juli 2016: Kedokteran, Hukum, Psikologi, Ilmu Sosial dan
    Ilmu Politik, Ilmu Keperawatan, Ekonomi dan Bisnis, Ilmu Pengetahuan
    Budaya, Ilmu Administrasi

    Informasi lebih lanjut, dapat mengakses akun twitter UI @univ_indonesia dan Facebook Page: Official Universitas Indonesia Page maupun situs www.ui.ac.id. Demikian Rifelly Dewi Astuti, SE, MM Kepala Humas dan KIP Universitas Indonesia.

Editor : Marcel Rombe Baan