• News

  • Kesra

Bupati Wonogiri Berharap Para Kades Penuhi Syarat Permohonan Pencairan Dana Desa

Bupati Wonogiri  berharap para Kades penuhi syarat permohonan pencairan Dana Desa.
Wonogiri
Bupati Wonogiri berharap para Kades penuhi syarat permohonan pencairan Dana Desa.

JAKARTA, NNC -- Bupati Wonogiri Joko Sutopo memberikan batas waktu pengajuan permohonan pencairan Dana Desa (DD) untuk Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2018.

Pihaknya menekankan, melampaui batas waktu tersebut akan semakin merugikan desa lantaran turunnya Dana Desa menjadi terlambat yang sangat memungkinkan melumpuhkan aktivitas pemerintahan desa.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan desa Wonogiri meyakinkan bahwa keputusan batas waktu oleh Bupati juga tertuang dalam surat Nomor 141.3/1095 mengenai optimalisasi peran camat dalam memfasilitasi dan supervisi terhadap pengelolaan keuangan desa.

Diantaranya untuk mendapatkan pencairan dana bersyarat dengan batas waktu yang ditetapkan Bupati  diantaranya penyusunan Peraturan Desa, Anggaran Pendapatan Belanja Desa, dan Pengelolaan Keuangan yang ditransparansi.

Merangkum dari laman Solopos Rabu (7/3/2018), di pihak kepala bidang pemerintahan desa (Pemdes) dinas pemberdayaan masyarakat desa (PMD) Wonogiri Totok Sugiarto berjanji wajib sebagai kepala desa dapat menaati peraturan yang ditetapkan Bupati mengenai batas waktu tersebut.

Jika dilihat dari sudut pandang lain, kebijakan ini semata-mata malah mendukung para aparatur desa agar bisa cepat menerima dana desa. Dalam programnya terbagi menjadi dua, dana desa untuk program pembangunan desa sedangkan Alokasi Dana Desa untuk penghasilan tetap pamong,  operasional dan lainnya.

Batas waktu penyerahan pengajuan permohonan pencairan dana desa yang ditetapkan adalah tanggal 31 Desember 2018, sebab pada tahun sebelumnya terdapat sebagian desa yang masih mengerjakan kegiatan meskipun tahun sudah tutup lantaran desa telat mengajukan pencairan dana.

"Sebutkan sebelum batas waktu kami janji sudah diajukan jika semuanya berkas telah lengkap, dan pasti segera kami naikkan ke badan pengelolaan keuangan daerah untuk keperluan  pencairan dana," kata Totok.

Diketahui, dari Kabupaten Wonogiri terdapat 24 desa yang sudah mengajukan pencairan Alokasi Dana Desa. Alokasi tersebut mencapai Rp5,316 miliar, diantaranya untuk desa Gedung Harjo Paranggupito, Mangunharjo,  Jatipurno, Bugelan dan Kismantoro

Reporter : Vito Adhityahadi
Editor : Sulha Handayani