• News

  • Kesra

Beli Sapi dan Pengelolaan Sampah dari Dana Desa

Dari dana desa bisa buat membali sapi dan penglolaan sampah.
Farmers
Dari dana desa bisa buat membali sapi dan penglolaan sampah.

JAKARTA, NNC - Kebijakan pemanfaatan Dana Desa, yang dilakukan Desa Sumber Sari, Kecamatan Barong Tongkok, Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur, berbeda dadri tempat lain.  Artinya, pihak aparatur desa harus fokus memanfaatkan penggunaan dana desa.

Kepala Bidang Pemeritahan Desa dan Kelurahan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa, Kabupaten Kukar dan Riani Tisnadewi, mengatakan  pembangunan diarahkan untuk mendukung pemberdayaan masyarakat dan peningkatan ekonomi.

"Sebagai contoh untuk anggaran dana desa 2017 Kampung Sumber Sari, dari sekitar Rp 782.874.000 sebanyak Rp 258.200.000 dialokasikan untuk penyertaan modal Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)," kata Riani, Jumat (16/3/2018).

Rincian alokasi untuk penyertaan modal awal BUMDes terdiri dari pengelolaan sampah rumah tangga sebesar Rp50 juta dan pengembangan usaha pengadaan bibit sapi sebanyak 20 ekor Rp208.200.000.

Selanjutnya untuk pembangunan fisik diantaranya dianggarkan untuk pembangunan kandang sapinya dengan kapasitas untuk 50 ekor sapi dan pembangunan rumah jaga peternakan sapinya.

“Semuanya mengarah untuk pemberdayaan masyarakat dan peningkatan ekonomi desa. Untuk pengeloloaan sampah pengembangan penggemukan sapi tentu membuka lapangan pekerjaan dan masyarakat jadi ada penghasilan,” tutur Riani.

Reporter : Vito Adhityahadi
Editor : Sulha Handayani