• News

  • Kesra

Regulasi Ini Sulitkan Masyarakat di Kutai

 Regulasi 30 persen sulitkan pencairan  dana desa Kades di Kutai .
Kemendes
Regulasi 30 persen sulitkan pencairan dana desa Kades di Kutai .

KUTAI, NNC - Mulanya hanya tiga dari 93 desa yang ada di Kabupaten Kutai Timur (Kutim) melakukan pencairan dana desa tahap 1 tahun 2018. Suwandi selaku Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) mengatakan, hal ini terjadi karena sejumlah desa mengalami kendala dalam menyelesaikan administrasi pencairan.

Administrasi pengajuan pencairan menghambat para aparat desa karena kebijakan baru dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) empat menteri, tentang pekerjaan pembangunan fisiknya yang diharuskan atau diwajibkan minimal 30 persen hari orang kerja (HOK).

Sebelumnya, hanya dilakukan secara swakelola atau tak ada ketentuan persen dalam setiap pekerjaan.

“36 desa belum dicairkan tahap pertama, minggu ke-3 akan cair di tahap pertama, sementara yang sudah cair 100 persen adalah Teluk Pandan, Busang, Long Mesangat,” katanya.

Berkaitan dengan hal ini, Bupati Kutai Timur, Ismunandar menginstruksikan untuk segera membantu pelaksanaan percepatan pencairan DD dan ADD. “Semuanya yang bersangkutan, tolong segera diselesaikan untuk membantu pencairan,” pinta Ismunandar.
Beberapa desa sudah berhasil menyelesaikan administrasi pencairan dana desa, di antaranya Desa Kandolo dan Batu Lepoq. Untuk diketahui, sampai saat ini sudah ada 50 desa yang telah menerima pencairan dana desa, karena dilakukan percepatan pencairan.
 

Reporter : Vito Adhityahadi
Editor : Sulha Handayani