• News

  • Kesra

Pakar: Usai Lebaran Masyarakat Desa Tak Perlu ke Kota, Ini Alasannya

Ilustrasi Dana Desa
dok.Istimewa
Ilustrasi Dana Desa

SOLO, NNC -- Pakar Ekonomi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) AUB Surakarta, Dr Agus Utomo mencermati perbedaan penduduk saat arus balik pasca lebaran berkaitan dengan kucuran dana desa dari pemerintah Desa setiap desa hampir masing-masing Rp1 miliar.

Agus mengungkapkan seharusnya masyarakat yang dari Desa pada momentum sesudah lebaran ini tidak perlu beranjak ke kota karena dana desa dipercaya mampu untuk meningkatkan daya beli dan kesejahteraan ekonomi masyarakat desa.

“Padahal di satu sisi, kini mengucur dana desa yang tidak sedikit, sekitar Rp1 miliar per desa. Dana yang cukup bisa untuk mengembangkan potensi desa,” jelasnya, dari keterangan yang didapat wartawan, Rabu (20/6/2018).

Selanjutnya untuk menjadikan Desa mempunyai kekuatan ekonomi Mandiri menurut dia desa harus kreatif terutama kepala desa dalam membuka lapangan pekerjaan demi membangun potensi desa. Potensi desa bisa berupa sumber daya alam, pariwisata, ketrampilan masyarakat desa, dan sebagainya yang tergabung dalam Produk Unggulan Kawasan Perdesaan dan Badan Usaha Milik Desa.

“Sehingga masyarakat setempat bisa bekerja dan mengkais rezeki ditempatnya, dan tidak perlu ketempat lain, apalagi urbanisasi segala,” ujarnya. “Karena desa sudah bisa memberi hasil yang layak.”

Reporter : Vito Adhityahadi
Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya