• News

  • Kesra

Pemkab Magelang Luncurkan Website Bansos

Ilustrasi Dana Bansos (korannonstop.com)
Ilustrasi Dana Bansos (korannonstop.com)

Berita Terkait

MAGELANG, NETRALNEWS.COM - Pemerintah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, meluncurkan website program bantuan sosial guna meningkatkan kinerja aparatur pemerintahan setempat dalam bidang pelayanan publik.

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Sosial, dan Transmigrasi Pemkab Magelang Endot Sudianto di Magelang, Kamis (14/7/2016), mengatakan website www.bansos.magelangkab.go.id menjadi sarana dan prasarana informasi yang interaktif serta dinamis untuk pelayanan masyarakat luas.

"Untuk meningkatkan akses data dan informasi publik terkait pelayanan bantuan sosial terencana maupun tidak terencana," katanya.

Ia menjelaskan tentang pentingnya bantuan sosial tersebut, terutama untuk mengatasi masalah penanggulangan kemiskinan. Pada kesempatan itu, juga dilakukan sosialisasi percepatan pelayanan bantuan sosial.

"Supaya semua bentuk informasi bagi masyarakat miskin cepat terpublikasikan," katanya.

Pada kesempatan itu, Endot juga mengharapkan peran tenaga kesejahteraan sosial kecamatan, pendamping program keluarga harapan, dan perangkat desa yang sudah melek internet, dalam menyebarluaskan website tersebut guna membantu warga mengakses layanan berbasis internet itu.

Bupati Magelang Zaenal Arifin dalam sambutan tertulis yang dibacakan Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Pemkab Magelang Agung Trijaya mengatakan website bantuan sosial wujud komitmen pengelolaan program tersebut secara optimal.

"Untuk meningkatkan kinerja bidang pelayanan publik. Ini sebuah solusi inovatif, praktis, dan komprehensif dalam pelayanan kemiskinan karena dapat mempermudah pelayanan kepada kaum miskin," katanya.

Upaya Disnakersostrans tersebut, katanya, juga wujud pelaksanaan dua di antara delapan prioritas pembangunan di daerah setempat, yakni penanggulangan kemiskinan dan reformasi birokrasi serta tata kelola pemerintahan yang baik.

Ia menjelaskan melalui website tersebut, pemkab mendapat dukungan dalam memenuhi informasi atau data terkait dengan masyarakat yang mendapat bantuan sosial.

Selain itu, katanya, dapat memecahkan kesulitan masyarakat dalam mengakses layanan bantuan sosial terencana dan tidak terencana, seperti biaya kesehatan dan pendidikan, termasuk pelayanan bagi gelandangan di daerah setempat.

Editor : Marcel Rombe Baan
Sumber : Antara