• News

  • Kesra

Rp 7 Miliar untuk Anggaran Pendidikan Guru di Merauke

Illustrasi.Guru
Illustrasi.Guru

MERAUKE, NETRALNEWS.COM - Pemerintah Kabupaten Merauke Provinsi Papua menganggarkan dana Rp7 miliar untuk membantu sejumlah guru menyelesaikan pendidikan strata satu (S-1) di Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura.

"Bupati sebelumnya telah memberi disposisi ke Bappeda untuk dianggarkan dalam APBD 2017. Dana itu digunakan untuk membantu sejumlah guru melanjutkan pendidikan S-1," kata pengelola Program Penilaian Kinerja dan Hasil Belajar (PPKHB) Merauke Soleman Jambormias, di Merauke, Senin (18/7/2016).

Bantuan itu,  untuk mendorong peningkatan SDM tenaga pengajar di Merauke agar mereka siap menciptakan SDM generasi penerus yang berkualitas untuk membangun NKRI.

"Hingga kini ada 602 guru di Kabupaten Merauke yang menyelesaikan S-1 di Uncen Jayapura, namun belum bisa diakomodir oleh pemkab karena baru dianggarkan tahun 2017 mendatang," katanya lagi.

Walaupun baru dianggarkan tahun depan, para guru di Merauke yang ikut PPKHB tetap diwisuda tahun ini mengingat pemerintah siap membantu mereka.

"Kami sudah jelaskan ke Uncen masalah dana studi akhir guru-guru tahun 2016 bahwa nanti setelah anggaran 2017 keluar baru dibayarkan," katanya lagi.

Ia menambahkan bahwa sebagian dari 602 guru itu telah menggunakan anggaran pribadi untuk menyelesaikan biaya akhir pendidikan yang mencapai Rp12,8 juta per orang itu.

"Karena biaya yang cukup besar itu, lebih dari empat ratus guru tidak sanggup membayar dan itu akan diakomodir oleh pemkab di sini," katanya lagi.

Editor : Marcel Rombe Baan
Sumber : Antara