• News

  • Kesra

Kemendes PDTT Awasi Dana Desa dengan Sifat Horizontal, Ini Kelebihannya

Ilustrasi Dana Desa.
Bantenhits
Ilustrasi Dana Desa.

BOGOR, NETRALNEWS.COM - Sekretaris Jendral (Sekjen) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Anwar Sanusi mengatakan, terkait Dana Desa dilakukan pengawasan yang sifatnya horizontal. 

Kata Anwar, dengan pengawasan horizontal memberikan ruang pada masyarakat yang bisa ikut mengawasi kalau mendapat informasi yang cukup. Selain itu, pengawasan horizontal juga diperkuat melalui organisasi sosial kemasyarakatan melalui masjid, gereja dan lain-lain.

"Misalnya saja tiap desa mencantumkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) di ruang publik, itu jadi mudah di akses sebagai bentuk transparansi," kata Anwar baru-baru ini di Jakarta.

Pernyataan ini disampaikan Anwar karena Kemendes PDTT di bawah Biro Hukum, Organisasi dan Tata Laksana, menggagas akan membuat penguatan sistem pengawasan dana desa berbasis kolaboratif. Harapannya akan menghasilkan Pedoman Pelaksanaan Pengawasan Dana Desa yang bisa dijadikan rujukan oleh Aparat Penegak Hukum (APH) dan Auditor, juga Kementerian/Lembaga.

"Intinya Dana Desa ini betul-betul efektif menjadi instrumen bagi masyarakat desa untuk merubah nasibnya," kata Anwar.

Upaya ini dilakukan, karena diakui Kemendes PDTT, Dana Desa menjadi isu yang sensitif, melihat besarnya dana yang diberikan kepada pemerintah desa. Sampai akhir tahun 2018 pemerintah pusat telah menganggarkan dana untuk diberikan kepada desa melalui 19 Kementerian/Lembaga sebesar Rp 561 triliun. 

Tidak hanya itu, ditambah lagi dengan adanya anggaran untuk Dana Desa yang pada tahun 2015 Rp.20,67 triliun, tahun 2016 Rp.46,98 triliun, tahun 2017 Rp.60 triliun, tahun 2018 Rp.60 triliun dan tahun 2018 Rp.70 triliun, total Rp.257,65 triliun.

Maka dari itu, menurut Anwar pengawasan merupakan instrumen penting. Masih banyak temuan dari aspek proses pengambilan keputusan (musdes). 

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Nazaruli

Apa Reaksi Anda?