• News

  • Kesra

Prukades jadi Program Andalan Gali Potensi Terbaik Desa

Prukades jadi program andalan gali potensi terbaik desa.
BumDes ID
Prukades jadi program andalan gali potensi terbaik desa.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Sekretaris Jendral (Sekjen) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Anwar Sanusi menjelaskan, Program Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades) merupakan salah satu program prioritas Kemendes PDTT yang diproyeksikan sebagai salah satu pengungkit roda perekonomian desa. Melalui Prukades, diharapkan desa nantinya akan lebih fokus mengembangkan produk unggulannya sehingga memiliki skala ekonomi yang besar.

Anwar berharap pada lima tahun ke depan, program Prukades tetap menjadi program andalan dalam menggali potensi terbaik dari masing-masing desa, sehingga kesejahteraan warga desa yang berbasis potensi lokal dapat terus meningkat.

"Apalagi, Prukades ini menjadi salah satu faktor meningkatnya pertumbuhan ekonomi didesa dan meningkatnya pendapatan masyarakat desa," kata Anwar dalam keterangan tertulisnya, baru-baru ini di Jakarta.

Anwar menegaskan bahwa Kemendes PDTT telah melakukan langkah serius dalam mengembangkan Prukades. Salah satunya yakni memfasilitasi adanya penandatangan MoU antara Pemerintah Kabupaten, Mitra Usaha dan Pengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Menurut Anwar, langkah ini penting agar Prukades bisa dikelola dari hulu hingga hilir. Sehingga program tidak hanya menjamin prukades bisa berkembang dengan baik, namun juga memastikan adanya serapan pasar terhadap produk-produk tersebut.

Disampaikan bahwa sedikitnya ada sebanyak 343 Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman yang telah disepakati antara Pemerintah Kabupaten dan Mitra Usaha terkait pengembangan program Prukades.

Kemendes PDTT lantas menyatakan, akan dorong adanya realisasi yang telah disepakati tersebut.

"Kemendes PDTT siap memfasilitasi berbagai langkah untuk mengatasi kendala dalam menindak lanjuti MoU yang telah disepakati untuk pengembangan Prukades. Terdapat 148 Pemkab dan 30 Mitra usaha yang telah melakukan kerjasama tersebut," kata Anwar.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani