• News

  • Kesra

Makhluk Menyerupai Ular di Perairan Indonesia Kini Diincar Warga Sukabumi, Ini Alasannya

Ikan sidat sangat digemari masyarakat Jepang
foto: teraswarta.com
Ikan sidat sangat digemari masyarakat Jepang

SUKABUMI, NETRALNEWS.COM - Bagi orang awam yang belum mengetahui jenis makhluk air ini sering menyebutnya ikan seperti "ular", padahal jelas sangat berbeda. Lagipula, makhluk ini justru saat ini sedang diincar banyak orang karena harganya yang menjanjikan. 

Namanya ikan sidat (ordo Anguilliformes). Jenis spesies ikan ini sangat digemari oleh warga Jepang. Mereka menyebut ikan sidat dengan nama unagi. Ketika mereka tahu bahwa unagi  melimpah di Indonesia, munculah perburuan ikan sidat di berbagai daerah di Nusantara.

Hal ini menyebabkan harga sidat sangat menjanjikan. Salah satu daerah yang mencoba mengembangkan perburuan ikan sidat adalah warga masyarakat Pajampangan, Kabupaten Sukabumi.

Mereka menyebutnya dengan istilah "Lubang" bernilai ekonomi. Sebab apabila dijual, harga ikan sidat bisa mencapi Rp60 ribu per kilogram (Kg).

Salah satu lokasi berkembang biak ikan tersebut yaitu di Muara Cikaso, Desa Buniasih, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat.

"Di lokasi muara ini, hampir tiap hari selalu ada yang mancing ikan sidat, baik di pinggir muara maupun pakai perahu,"  tutur warga Desa Buniasih, Sadi Kuswara, dinukil sukabumiupdate.com, Senin (22/7/2019).

Sadi membuktikan kalau di muara Cikaso banyak sidat dengan ukuran besar.

"Ini hasil mancing tadi pagi, beratnya 9 kilogram dan panjang 2 meter pernah juga di muara ini dapat yang lebih besar mencapai 30 kilogram. Kalau hasilnya banyak, sebagian dijual, sebagian di konsumsi, harganya bisa mencapai Rp 60 ribu per kilogram," pungkas Sadi.

Editor : Taat Ujianto