• News

  • Kesra

Mahasiswa Untidar Jalani Otadama 2016

Illustrasi. Mahasiswa Baru
Illustrasi. Mahasiswa Baru

MAGELANG, NETRALNEWS.COM - Sebanyak 573 mahasiswa baru Universitas Tidar Kota Magelang, Jawa Tengah, menjalani masa orientasi lingkungan akademis melalui kegiatan Orientasi Muda Tidar atau Otadama 2016.

Ketua Panitia Otadama 2016 Ready Hendarto di Magelang, Jumat (19/8/2016), mengatakan kegiatan dilakukan dalam dua gelombang agar pelaksanaannya bisa berdaya guna bagi mahasiswa baru.

Otadama gelombang pertama pada 18-19 Agustus 2016 sedangkan gelombang kedua pada 20-21 Agustus 2016.

"Agar pelaksanaan bisa kondusif, agar mereka menerima berbagai materi dasar dengan baik dengan tempat yang terbatas," katanya.

Ia menjelaskan tentang pentingnya kegiatan itu agar mahasiswa baru bisa menjalani kehidupan perkuliahan di Untidar dan bermasyarakat dengan baik.

Berbagai materi yang diberikan para narasumber baik berasal dari lingkungan kampus maupun instansi terkait lainnya, seperti wawasan perguruan tinggi, wawasan kebangsaan, ketaatan terhadap aturan hukum, pencegahan bahaya penyalahgunaan narkoba, pencegahan tawuran, nilai budaya, dan etika, kemasyarakatan.

Pada kesempatan tersebut, Raedy juga menjelaskan bahwa kegiatan itu bukan sebagai perpeloncoan kepada mahasiswa baru, meskipun mereka diwajibkan membawa sejumlah atribut, yang bahannya telah diperhitungkan dengan baik oleh panitia agar mudah diperoleh di daerah setempat.

"Seratus persen tidak ada tugas aneh-aneh dan tidak ada perpeloncoan," katanya.

Ia menjelaskan panitia juga memberikan pengarahan kepada mahasiswa baru terkait dengan tempat mereka mendapatkan bahan-bahan untuk atribut kegiatan tersebut.

Atribut Otadama yang harus mereka kenakan itu, ujarnya, untuk kegiatan berupa pembentukan formasi bendera Merah Putih dan tulisan "Otadama" di depan gedung Fakultas Ekonomi Untidar pada Jumat pagi.

Panitia, ujarnya, juga memberikan layanan informasi kepada mahasiswa baru Untidar yang berasal dari luar daerah, terkait dengan keperluan mereka mendapatkan indekos.

Ia menjelaskan peserta juga mendapat suguhan berbagai hiburan dari berbagai kelompok mahasiswa yang tergabung dalam unit-unit kegiatan di kampus setempat, pemutaran film, dan pentas kesenian.

Editor : Marcel Rombe Baan
Sumber : Antara