• News

  • Kesra

Dideklarasikan Menteri Yohana, Lamandau, Kabupaten Layak Anak

Menteri Yohana Yambise (jpnn.com)
Menteri Yohana Yambise (jpnn.com)

Berita Terkait

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Kabupaten Lamandau, Provinsi Kalimantan Tengah, menuju Kabupaten Layak Anak dideklarasikan, Selasa (6/9/2016). Deklarasi itu dilakukan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Yembise.

Dalam keterangan pers Menteri Yohana di Jakarta, Selasa, Menteri berharap Kabupaten Lamandau dapat segera menyusul kabupaten/kota lainnya di sejumlah wilayah di Tanah Air.

''Hal ini juga membutuhkan komitmen, kerja sama dan dukungan dari semua pihak, yaitu pemerintah, masyarakat, dunia usaha dan media, serta para orangtua," kata Yohana Yembise melalui siaran pers di Jakarta, Selasa.

Dia menjelaskan, komitmen bersama ini diharapkan diikuti dengan langkah konkrit dengan tujuan untuk pemenuhan hak dan perlindungan anak di Kabupaten Lamandau.

Dia menjelaskan, pemenuhan hak dan perlindungan anak secara utuh diukur melalui 31 indikator yang secara garis besar mencerminkan lima klaster pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak yang harus dipenuhi oleh setiap kabupaten/kota apabila ingin menjadi KLA.

Yaitu, hak sipil dan kebebasan, lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, kesehatan dasar dan kesejahteraan, pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya, perlindungan khusus bagi 15 kategori anak.

"Upaya menuju KLA merupakan salah satu penjabaran dari hak konvensi anak dan Ppraturan perundang-undangan terkait anak," katanya.

Saat ini, kata dia, sudah ada 294 kabupaten/kota yang mencanangkan inisiasi menuju KLA di seluruh wilayah Indonesia.

"Kami berharap semakin banyak Kabupaten yang layak bagi anak," katanya.

Sementara itu, dia juga menambahkan, Kementerian PP-PA saat ini sedang menginisiasi pembentukan Kelompok Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) di tingkat desa/kelurahan.

Melalui inisiatif ini diharapkan masalah-masalah anak dapat semakin diatasi.

Editor : Marcel Rombe Baan
Sumber : Antara