• News

  • Kesra

Pancasila Akan Jadi Barometer Dunia

Monumen Pancasila Sakti. (MARKIJAR.Com)
Monumen Pancasila Sakti. (MARKIJAR.Com)

YOGYAKARTA, NETRALNEWS.COM - Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Dwikorita Karnawati memperkirakan semangat Pancasila akan menjadi barometer dunia dalam mewujudkan perdamaian dunia.

"Kami memproyeksikan tahun 2030 Pancasila dan filsafat nusantara mampu menjadi barometer dunia dalam upaya mewujudkan perdamaian dunia," ujarnya saat ditemui di Kampus UGM Yogyakarta, Rabu (2/11/2016).

Ia memaparkan bahwa Pancasila telah menjadi spirit utama bagai UGM, dan melalui Fakultas Filsafat pihaknya terus berusaha mengembangkan Pancasila baik dari segi keilmuan maupun praktik.

Untuk memperkuat kajian dan pengembangan filsafat Nusantara, pihaknya akan mendirikan pusat pengembangan filsafat nusantara.

"UGM berencana mendirikan pusat pengembangan filsafat Nusantara dalam jangka waktu 5 tahun mendatang," katanya.

Ia berharap semua pihak bisa bersama-sama bergerak meneguhkan filsafat nusantara untuk mewujudkan ketentraman dan kedamaian nasional bahkan dunia.

Melalui sinergi dan kerja sama berbagai pihak, Dwikorita bertekad untuk membumikan Pancasila dan filsafat nusantara menjadi sikap dan perilaku bernegara, berbangsa dan bermasyarakat.

"Ke depan, Pancasila dan filsafat nusantara bisa diposisikan sebagai rujukan dunia," tegas Dwikoritas seperti dilansir Antara

Editor : Marcel Rombe Baan