• News

  • Kuliner

Ini Manfaat Minum Coklat Panas bagi Tubuh Kita

Segelas coklat panas
makananajib
Segelas coklat panas

JAKARTA, NNC - Coklat panas adalah minuman panas yang dibuat dari coklat atau kakao bubuk dan gula, dengan air atau sus hangat. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa coklat panas menyehatkan karena antioksidan yang terkandung dalam kakao.

Berikut manfaat minum coklat panas, yuk simak manfaatnya :

1.      Menurunkan Berat Badan
Coklat mengandung kalori yang cukup banyak sehingga membuat kita lebih tahan lapar. Jika tubuh mendapat cukup kalori maka tubuh tidak perlu lagi asupan tambahan, atau setidaknya keinginan untuk makan berat sedikit berkurang.

2.      Coklat panas meningkatkan kekuatan otak
Flavonoid dalam coklat panas meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otak, sehingga membantu Anda berpikir lebih baik.
Jika Anda ingin meningkatkan memori, cobalah minum dua cangkir coklat panas setiap hari. Tidak hanya akan meningkatkan memori otak, namun juga suasana hati. Pastikan tidak menggunakan terlalu banyak gula dalam minuman coklat panas Anda.

3.      Meningkatkan Mood Anda
Coklat panas merupakan minuman yang bisa membantu untuk melawan rasa stress, rasa cemas dan juga depresi yang sedang Anda alami. Coklat panas bisa melepas hormon endorphin yang bisa membantu untuk memperbaiki suasana hati Anda yang sebelumnya tidak baik menjadi lebih baik dalam waktu yang sangat cepat.

4.      Memeliharan kesehatan jantung
Kandungan zat flavonoid yang ada dalam coklat panas, bisa membantu menurunkan jumlah tekanan pada darah yang bisa memperbaiki keadaan pembuluh darah, sehingga bisa memberikan pencegahan adanya sakit jantung pada seseorang.

5.      Coklat panas mengandung lebih banyak antioksidan
Menurut penelitian yang dilakukan Cornell University, coklat panas mengandung lebih banyak antioksidan daripada teh hijau dan anggur. Selain itu, minum coklat panas adalah salah satu cara paling lezat untuk mendapatkan antioksidan coklat yang kuat.
Coklat panas mengandung sedikit lebih banyak antioksidan daripada sebatang coklat yang dilepaskan ketika minuman ini memanas.

 

Reporter : Sesmawati
Editor : Wulandari Saptono